Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat

Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat. Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 9 Tahun I998 yang membahas Tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat Di Muka Umum. kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka umum merupakan hak asasi manusia yang dijamin oleh Undang-Undang Dasar 1945 dan Deklarasi Universal Hak-hak Asasi Manusia; kemerdekaan setiap warga negara untuk menyampaikan pendapat di muka umum merupakan perwujudan demokrasi dalam tatanan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara; hak menyampaikan pendapat di muka umum dilaksanakan secara bertanggungjawab sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Menyampaikan pendapat di muka umum merupakan salah satu hak asasi manusia yang dijamin dalam Pasal 28 Undang-Undang Dasar 1945 yang berbunyi: 
“Kemerdekaan berserikat dan berkumpul, mengeluarkan pikiran dengan lisan dan tulisan dan sebagainya ditetapkan dengan Undang-undang". 

Kemerdekaan menyampaikan pendapat adalah hak setiap warga negara untuk menyampaikan pikiran dengan lisan. tulisan. dan sebagainya secara bebas dan bertanggung jawab sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat

Kemerdekaan menyampaikan pendapat tersebut sejalan dengan Pasal 19 Deklarasi Universal Hak-hak Asasi Manusia yang berbunyi: "Setiap orang berhak atas kebebasan mempunyai dan mengeluarkan pendapat, dalam hak ini termasuk kebebasan mempunyai pendapat dengan tidak mendapat gangguan dan untuk mencari, menerima, dan menyampaikan keterangan dan pendapat dengan cara apa pun juga dan dengan tidak memandang batas-batas". 

kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka umum harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab, sejalan dengan ketentuan peraluran perundang-undangan yang berlaku dan prinsip hukum internasional sebagaimana tercantum dalam Pasal 29 Deklarasi Universal Hak-Hak Asasi Manusia yang antara lain menetapkan sebagai berikut: 
  1. Setiap orang memiliki kewajiban terhadap masyarakat yang memungkinkan pengembangan kepribadiannya secara bebas dan penuh; 
  2. Dalam pelaksanaan hak dan kebebasannya, setiap orang harus tunduk semata-mata pada pembatasan yang ditentukan oleh undang-undang dengan maksud untuk menjamin pengakuan dan penghargaan terhadap hak serta kebebasan orang lain, dan untuk memenuhi syarat-syarat yang adil bagi moralitas, ketertiban. serta kesejahteraan umum dalam suatu masyarakat yang demokratis; 
  3. Hak dan kebebasan ini sama sekali tidak boleh dijalankan secara bertentangan dengan tujuan dan asas Perserikatan Bangsa-Bangsa. 
Asas Kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka umum 
  1. Asas keseimbangan antara hak dan kewajiban; 
  2. Asas musyawarah dan mufakat; 
  3. Asas kepastian hukum dan keadilan; 
  4. Asas profesionalitas; dan 
  5. Asas manfaa
Tujuan pengaturan tentang kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka umum adalah: 
  1. Mewujudkan kebebasan yang bertanggung jawab sebagai salah satu hak asasi manusia sesuai dengan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945; 
  2. Mewujudkan perlindungan hukum yang konsisten dan berkesinambungan dalam menjamin kemerdekaan menyampaikan pendapat; 
  3. Mewujudkan iklim yang kondusif bagi berkembangnya partisipasi dan kreativitas setiap warga negara sebagai perwujudan hak dan tanggung jawab dalam kehidupan berdemokrasi; 
  4. Menempatkan tanggung jawab sosial dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, tanpa mengabaikan kepentingan perorangan atau kelompok. 
Hak Warga Negara Dalam Menyampaikan Pendapat Dimuka Umum: 
  1. Mengeluarkan pikiran secara bebas; 
  2. Memperoleh perlindungan hukum
Kewajiban Dan Tanggung Jawab Warga Negara Dalam Menyampaikan Pendapat Dimuka Umum
  1. Menghormati hak-hak dan kebebasan orang lain; 
  2. Menghormati aturan-aturan moral yang diakui umum; 
  3. Menaati hukum dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku; 
  4. Menjaga dan menghormati keamanan dan ketertiban umum; dan 
  5. Menjaga keutuhan persatuan dan kesatuan bangsa. 
Kewajiban Dan Tanggung Jawab Aparatur Negara Dalam penyampaian pendapat di muka umum oleh warga negara. 
  1. Melindungi hak asasi manusia; 
  2. Menghargai asas legalitas; 
  3. Menghargai prinsip praduga tidak bersalah; dan 
  4. Menyelenggarakan pengaman
Masyarakat berhak berperan serta secara bertanggung jawab untuk berupaya agar penyampaian pendapat di muka umum dapat berlangsung secara aman, tertib, dan damai.
.

Post a Comment for "Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat"