Fungsi Yang Terdapat Dalam Manajemen

Fungsi Yang Terdapat Dalam Manajemen. Dalam melaksanakan tugas dan menjalankan peran dengan baik dan benar, maka sebuah manajemen memiliki peran yang dapat mendukung dan membantu dalam penerapannya. Dalam manajemen terdapat 4 (empat) fungsi atau aktivitas antara lain adalah sebagai berikut :

Fungsi Yang Terdapat Dalam Manajemen

Perencanaan (Planning

Menurut Robbins dan Coulter (2014:35): “As managers engage in planning, they set goals, establish strategies for achieving those goals, and develop plans to integrate and coordinate activities.” Perencanaan (Planning) adalah fungsi manajemen yang mencangkup proses mendefinisikan sasaran, menetapkan strategi untuk mencapai sasaran itu, dan menyusun rencana untuk mengintegrasikan dan mengoordinasikan sejumlah kegiatan.

Pengorganisasian (Organizing

Menurut Robbins dan Coulter (2014:35): “When managers organize, they determine what task are to be done, who is to the, how the tasks are to be grouped, who reports to whom, and where decisions are to be made.” Pengorganisasian (Organizing) adalah fungsi manajemen yang mencangkup proses menentukan tugas apa yang harus dilakukan, siapa yang melakukan, bagaimana cara mengelompokkan tugas-tugas itu, siapa harus melapor ke siapa, dan dimana keputusan harus dibuat. 

Kepemimpinan (Leading

Menurut Robbins dan Coulter (2014:35): “This is the leading fuction. When managers motivate subordinates, help resolve work group conflicts, influence individuals or team as they work, select the most effective communication channel, or deal in any way with employe behavior issues, they’re leading.” Kepemimpinan (Leading) adalah fungsi manajemen yang mencakup memotivasi bawahan, mempengaruhi individu atau tim sewaktu mereka bekerja, memiliki saluran komunikasi yang paling efektif, dan memecahkan dengan berbagai cara masalah perilaku karyawan.

Pengendalian (Controlling

Menurut Robbins dan Coulter (2014:35): “The final management function is controlling. After goal and plans are set (planning), task and structural arrangements put in place (organizing), and people hired, trained, and motivated (leading), there has to be some evaluation of whether things are going as planned.” Pengendalian (Controlling) adalah fungsi manajemen yang mencakup memantau kinerja aktual, membandingkan aktual dengan standar, dan membuat koreksinya, jika perlu. 

Dari fungsi di atas, tidak ada yang paling baik dan buruk. sebab keempat fungsi tersebut memiliki fungsi masing-masing yang bermanfaat bagi sebuah manajemen sehingga fungsi tersebut tidak dapat dipisahkan atau dihilangkan salah satunya. Dan keempat fungsi manajemen ini adalah merupakan rangkaian yang bisa dikatakan dengan istilah selangkah demi selangkah (step by step) dalam menjalankan fungsi manajemen dalam sebuah organisasi atau perusahaan.

Post a Comment for "Fungsi Yang Terdapat Dalam Manajemen"