Cara Menggunakan Fungsi VLOOKUP Di Ms. Excel

Pada Kesempatan Kali sampul ilmu menjelaskan tentang Cara Menggunakan Fungsi VLOOKUP Di Ms. Excel. Pada Penulisan Fungsi VLOOKUP kali ini adalah untuk melakukan pencarian data , dan Menampilkan nilai dari sel mana pun berdasarkan kategori yang dicari.

Sampul ilmu menggunakan contoh, misalnya dalam bekerja di ms excel anda memiliki daftar Mahasiswa yang begitu banyak. Dalam Mencari data mahasiswa tersebut pastinya anda akan membutuhkan waktu yang lama apalagi proses pencaiannya satu persatu. Sampul ilmu menggunakan Rumus VLOOKUP untuk Mempermudah Pencarian Data Tersebut.

Anda Juga Dapat Membaca Cara Menggunakan Rumus HLOOKUP Di Ms.Excel

Untuk contoh penggunaan fungsi VLOOKUP Langkah Pertama Yang anda lakukan adalah Buatlah tabel dengan Kolom NIM, Nama Mahasiswa, dan Alamat kemudian buatlah model form data mahasiswa . dan Langkah selanjutnya masukan data pada tebel tersebut seperti gambar dibawah ini:
Gambar. 1

Bentuk Umum Fungsi VLOOKUP
VLOOKUP(lookup_value, table_array, col_index_num, [range_lookup])

Keterangan Fungsi VLOOKUP:
  1. lookup_value Diperlukan. Nilai yang akan dicari di kolom pertama tabel atau rentang. Argumen lookup_value dapat berupa satu nilai atau referensi. Jika nilai yang Anda berikan untuk argumen lookup_value lebih kecil dari nilai terkecil di kolom pertama argumen table_array, VLOOKUP mengembalikan nilai kesalahan #N/A.
  2. table_array  Diperlukan. Pilih rentang sel yang berisi data tersebut. Anda dapat menggunakan referensi ke satu rentang (Contoh, A2:C11), atau nama rentang. Nilai-nilai di kolom pertama table_array adalah nilai yang dicari oleh lookup_value. Nilai ini dapat berupa teks, angka, atau nilai logika. Teks huruf besar dan huruf kecil sama saja. 
  3. col_index_num  Diperlukan. Nomor kolom dalam argumen table_array yang merupakan asal dari nilai yang cocok yang harus dikembalikan. Argumen col_index_num 1 mengembalikan nilai di kolom pertama dalam table_array; col_index_num 2 mengembalikan nilai di kolom kedua dalam table_array, dan seterusnya.
Bentuk Penerapan Fungsi VLOOKUP pada Ms. Excel
=VLOOKUP(F3;A2:C11;2;False)

Keterangan Rumus
  1. VLOOKUP= Rumus yang Dipakai untuk melakukan pencarian data
  2. F3= cell tempat untuk menuliskan kriteria yang akan dicari
  3. A2:C11= data yang terdapat diantara cell A2 sampai C11
  4. 2=menampilkan data yang terdapat pada kolom ke 2 (tepatnya pada kolom nama)
=VLOOKUP(F3;A2:C11;3;False)

Rumus Diatas Yang membedakan adalah angka 3 yang pada rumus sebelumnya menggunakan angka 2
  1. 3= menampilkan data yang terdapat pada kolom ke 3 (tepatnya pada kolom Alamat)

Hasilnya
Gambar 2
Semoga Cara Menggunakan Fungsi VLOOKUP Di Ms. Excel dapat Bermanfaat

Post a Comment for "Cara Menggunakan Fungsi VLOOKUP Di Ms. Excel"