Format Artikel Non Penelitian

Format Artikel Non Penelitian. Isi dan format artikel non penelitian, walaupun memiliki sejumlah unsur-unsur yang relatif sarna dengan artikel hasil penelitian, secara substansial memiliki perbedaan. Pada artikel non penelitian tidak memiliki unsur-unsur metode, hasil, dan pembahasan, seperti yang terdapat pada isi dan format artikel hasil penelitian.

Format Artikel Non Penelitian


Sebaliknya unsur-unsur tersebut diganti dengan bahasan utama atau bahasan inti berupa sub-sub judul yang disesuaikan dengan subtopik yang sedang dibicarakan atau argumentasi yang sedang dikembangkan oleh penulisnya (Adnan, dkk., 2005, p.71). Umumnya isi berupa kupasan, analisis, argumentasi dan pendirian penulis mengenai masalah yang,dibicarakan.

Sedangkan unsur-unsur lain seperti judul, nama penulis, keterangan penulis, abstrak, kata kunci, pendahuluan, simpulan, dan lain-lain, sama dengan artikel hasil penelitian. Namun demikian terdapat perbedaan di dalam isinya. Isi dan format artikel non peneitian atau artikel hasil pemikiran.

1. Judul

Dalam membuat judul artikel, hendaknya harus memenuhi hal-hal berikut:
  • Informatif dan komprehensif,
  • Mencerminkan isi artikel,
  • Dapat menarik perhatian,
  • Memuat variabel-variabel yang diteliti atau kata-kata kunci yang menggambarkan masalah yang, diteliti.


Terkait dengan judul yang menarik, ada beberapa saran yang disampaikan Adnan (2005, p. 18), yakni
  • Pilihlah kata-kata yang langsung menawarkan jawaban, atau setidaknya menyinggung masalah yang dimasa lalu belum terjawab dan masih menimbulkan kontroversi,
  • Informasi yang layak diberitakan (news value). News value artikel ilmiah adalah informasi baru tentang suatu topik penting atau yang sedang hangat dibicarakan oleh media.
  • Judul sebaiknya tidak lebih dari 12 kata jika ditulis dalam bahasa Indonesia dan 10 kata jika ditulis dalam bahasa Inggris.


2. Nama penulis

Pencantuman nama penulis dilakukan tanpa gelar akademik ataupun kepangkatan. Nama penulis dilengkapi dengan keterangan lembaga asal penulis yang disertai alamat lembaga, dan dilengkapi dengan email atau telpon untuk keperluan korespondensi. Apabila artikel ditulis oleh tim, maka penulis utama dicatumkan pada urutan pertama.

3. Abstrak

Abstrak merupakan bagian penting yang digunakan untuk menarik perhatian pembaca. Abstrak berisi pernyataan ringkas dan padat tentang ide-ide yang paling penting. Abstrak berisi ringkasan dari inti suatu artikel secara komprehensif, yang memuat uraian masalah penelitian, tujuan penelitian, metode penelitian yang digunakan, dan hasil penelitian. Panjang abstrak kurang lebih 100 kata dan ditulis dalam satu paragraf. Abstrak harus ditulis dalam dwi bahasa, yaitu bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.

4. Kata kunci

Kata kunci (keywords) adalah kata atau terminologi spesifik bidang ilmu yang dibahas di dalam artikel. Kata kunci (keywords) menggambarkan ranah masalah yang diteliti dan istilah-istilah teknis yang berkaitan dengan penelitian yang dilaporkan. Kata kunci dapat diambil dari judul penelitian atau dari tubuh artikel (yang mencerminkan ranah permasalahan yang diteliti) sebanyak kurang lebih 3-5 kata. Fungsi kata kunci digunakan untuk filling and searching, pengelompokkan, dan dokumentasi.

5. Pendahuluan

Pendauhulan berisi uraian yang mengantarkan pembaca kepada topik utama yang akan dibahas.
Menguraikan hal-hal yang menarik perhatian pembaca, memberikan konteks bagi permasalahan yang akan dibahas, serta tujuan pembahasan.

6. Bagian inti.

Bagian ini terdiri dari sejumlah sub judul yang disesuaikan dengan topik bahasan. Berisi kupasan, analisis, argumentasi, komparasi, dan pendirian penulis mengenai masalah yang dibahas.

7. Penutup atau simpulan.

Merupakan sub-judul bagian akhir dari suatu artikel non penelitian. Isinya berupa catatan akhir atau yang sejenisnya. Atau Berisi penegasan sikap penulis atas masalah yang dibahas.

8. Daftar Rujukan

Diutamakan apabila sumber pustaka atau rujukan berasal dari lebih satu sumber seperti buku, jurnal, makalah, internet, dan lain-lain.

Referensi
Menulis Artikel Untuk Jurnal Ilmiah, Gunawan Suryoputro, Sugeng Riadi, Ali Sya'ban

Post a Comment for "Format Artikel Non Penelitian"