Cara menggunakan Fungsi VLOOKUP Dengan File Excel Yang Berbeda
Pada Postingan Sebelumnya sampul ilmu menjelaskan tentang Cara Menggunakan Fungsi VLOOKUP Di Ms. Excel. Didalam Postingan Tersebut Sampul ilmu Menggunakan 1 (Satu) File Excel Saja. Dan Pada Kesempatan Kali ini sampul ilmu membahas tentang Cara menggunakan Fungsi VLOOKUP Dengan File Excel Yang Berbeda. Dimana Sampul Ilmu Menginput data Mahasiswa dan menampilkan Data Mahasiswa dengan File Excel Yang berbeda
Sampul ilmu menggunakan contoh, misalnya pada saat menginput data mahasiswa sampul ilmu menggunakan file excel pertama setelah data mahasiswa telah terinput selanjutnya sampul ilmu menampilkan data mahasiswa pada file excel kedua atau dengan kata lain data mahasiswa pada file excel pertama akan ditampilkan pada file excel yang kedua. Pada contoh kali ini sampul ilmu masih tetap menggunkan rumus yang sama seperti pada postingan Cara Menggunakan Fungsi VLOOKUP Di Ms. Excel.
Proses Pembuatannya
Buatlah 2 (Dua) File Excel dengan Nama Data Dan Form kemudian tempatkan dalam 1 Folder Ganti Nama Folder Tersebut Dengan Nama Contoh (Anda Dapat Mengganti Nama File Dan Nama Folder Sesuai Dengan Keinginan Anda) Seperti Pada Gambar Dibawah Ini:
Gambar Dua File Excel |
Selanjutnya Buka File Data Kemudian Masukkan Data Mahasiswa Seperti Pada Gambar Dibawah ini:
Data Mahasiswa Pada File Data |
Langkah Selanjutnya Buka File Form Kemudian Buat Form Data Mahasiswa Seperti Pada Gambar Dibawah ini:
Form Data Mahasiswa Pada File Form |
Setelah Kedua Langkah Diatas Telah selesai kemudian simpan.
Bentuk Umum Fungsi VLOOKUP
VLOOKUP(lookup_value, File Pertama table_array, col_index_num, [range_lookup])
Keterangan Rumus
Dalam Penggunaan Rumus Diatas Ada Penambahan File Pertama Table_aray yang dimaksud disini adalah tabel pada file Data untuk lebih jelasnya tentang keterangan rumus anda dapat membaca Cara Menggunakan Fungsi VLOOKUP Di Ms. Excel.
Penerapan Rumus Di File Form Pada Excel
Masukan Rumus Dibawah Ini Pada Cell C6 (Kolom Nama Mahasiswa Pada File Form)
=VLOOKUP(C4;[Data.xlsx]Sheet1!$A$2:$C$6;2;FALSE)
Masukan Rumus Dibawah Ini Pada Cell C8 (Kolom Alamat Pada File Form)
=VLOOKUP(C4;[Data.xlsx]Sheet1!$A$2:$C$6;3;FALSE)
Keterangan Rumus
- VLOOKUP= Rumus yang Dipakai untuk melakukan pencarian data
- C4= cell tempat untuk menuliskan kriteria yang akan dicari Contoh (Cell Tempat Memasukan NIM Mahasiswa)
- [Data.xlsx]Sheet1!$A$2:$C$6= data yang terdapat diantara cell A2 sampai C6 Pada File Data
- 2=menampilkan data Mahasiswa yang terdapat pada kolom ke 2 (Cell Nama pada File Data)
- 3= menampilkan data Mahasiswa yang terdapat pada kolom ke 3 (Cell Alamat pada File Data)
Pada angka 2 dan 3 anda dapat menambahkan sesuai dengan jumlah kolom yang anda buat pada file data jadi anda dapat meambahkan angka 4 , 5 dst…..
Hasilnya Seperti Pada Gambar Dibawah Ini:
Semoga Cara menggunakan Fungsi VLOOKUP Dengan File Excel Yang Berbeda Bermanfaat
Hasil |
Post a Comment for "Cara menggunakan Fungsi VLOOKUP Dengan File Excel Yang Berbeda"
Post a Comment