Cara Mengetahui Kerusakan Pada Memori / RAM

Memori/RAM
Pada Saat bekerja Anda mungkin pernah mengalami komputer yang tidak mau bekerja atau tidak bisa booting. Jika anda menyalakan komputer dan komputer anda tidak mau masuk Windows yang disertai suara beep panjang 1 kali, maka permasalahan ada di seputar memori. langkah yang harus anda lakukan adalah cobalah untuk memperbaikinya sendiri. tapi sebelumnya perlu anda ketahui apa yang dimaksud dengan RAM..?  RAM adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Ini berlawanan dengan alat memori urut, seperti tape magnetik, disk dan drum, di mana gerakan mekanikal dari media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan. Kali ini sampul ilmu memaparkan tentang Cara Mengetahui Kerusakan Pada Memori/RAM.

Dalam Mengatasi Permasalahan ini lakukan langkah berikut:
  1. Setting Pengaturan bios Anda  dalam keadaan default / standar, Karena Permasalahan ini akan muncul bisa saja karena pengaturan bios yang terlalu membebani hardware (Perangkat Keras) Komputer Anda. Untuk mebuktikannya, lakukan clear CMOS dengan cara mencabut baterai dari motherboard tunggu hingga kurang lebih 3 menit pasang kembali baterai tersebut pada tempat semula.
  2. Lakukan Pemeriksaan apakah memori telah dipasang dengan benar. Cabut memori dari tempat dudukan memori pada motherboard (Soket) lalu pasang kembali
  3. Apabila Langkah Diatas tidak berhasil, pastikan bagian memori yang berwarna keemasan Bersihkan bagian tersebut dengan menggunakan penghapus (Penghapus Pensil) untuk menghilangkan kotoran atau debu yang mungkin menempel. Jika sudah, pasang kembali memori ke motherboard.
  4. Siapkan Memori Cadangan yang masih berfungsi (Tidak Rusak). Untuk mengantisipasi Apabila memori masih tidak dapat bekerja, pasang memori cadangan di komputer anda, Jika ternyata dapat berjalan normal berarti memori kita sudah rusak, tapi jika tetap tidak berjalan dengan normal berarti permasalahan
  5. berada pada soket di motherboard. Bersihkan soket tersebut dengan cotton buds atau penghisap debu untuk membersihkan debu atau kotoran yang mungkin menempel. Setelah selesai pasang kembali memori.
  6. Setelah Semua Langkah Diatas Masih Juga belum berhasil, pasang memori pada soket yang lain, biasanya diletakkan bersebelahan. Jika tetap tidak bekerja juga berarti motherboard yang harus diservis / diganti. Ini disebabkan ada elemen / komponen yang membuat soket tidak dapat lagi digunakan. Hal ini sering terjadi pada motherboard yang sudah berumur.

Mudah-mudahan Cara Mengetahui Kerusakan Pada Memori / RAM dapat Bermanfaat

Post a Comment for "Cara Mengetahui Kerusakan Pada Memori / RAM"