Aturan Dalam Penulisan Konstanta Di Delphi

Aturan Dalam Penulisan Konstanta Di Delphi. Dalam pemrograman komputer, 'Konstanta' adalah identifier yang terkait nilai tidak bisa biasanya diubah oleh program selama pelaksanaannya (meskipun dalam beberapa kasus ini dapat dielakkan, misalnya menggunakan self-modifying code). Banyak bahasa pemrograman membuat perbedaan sintaksis eksplisit antara simbol konstan dan variable.

Meskipun nilai constant yang ditentukan hanya sekali, sebuah constant dapat direferensikan berkali-kali dalam sebuah program. Menggunakan konstan, bukan menentukan nilai beberapa kali dalam program tidak bisa hanya menyederhanakan pemeliharaan kode, tetapi juga dapat menyediakan nama yang bermakna untuk itu dan menggabungkan ikatan constant seperti ke lokasi kode standar (misalnya, di awal).

Didelphi Konstanta adalah merupakan nilai yang tidak berubah. Berikut adalah bentuk penulisan konstanta:

Aturan Dalam Penulisan Konstanta Di Delphi

Konstanta bilangan bulat
  1. Bilangan Bulat Tidak Mengandung bilangan pecahan dan tanda pemisah ribuan
  2. Tanda + dapat diletakkan didepan bilangan untuk menyatakan bilangan dengan niali positif
  3. Bilangan Bulat yang diawali dengan Tanda $ berarti bilangan Dengan Notasi heksadesimal contoh $FF atau $ff berarti 255
Konstanta bilangan real
  1. Tanda pecahan harus ditulis dengan tanda titik (.) contoh 23.4 berarti 23, 4
  2. Tanda Eksponensial E atau e bisa digunakan contoh 1.2E+02 berarti 1.2 x 102  dalam hal ini tepat di depan dan dibelakang E atau e tidak boleh ada spasi.
Konstanta Boolean
  1. Hanya ada dua konstanta Boolean yaitu true dan false
Konstanta Karakter
  1. Konstanta karakter ditulis dengan diawali dan diakhiri dengan tanda petik (‘) contoh ‘B’.
  2. Khusus untuk karakter dengan nilai ASCII nya dibawah 32 (biasa disebut karakter control) karakter ditulis dengan awalah ^ dan diikuti dengan karakter khusus sebagai contoh ^B identic dengan Chr(13)
  3. Konstanta karakter dapat ditulis dengan menggunakan notasi : #nilai _Ascii. Contoh #13 Identik dengan Chr(13)
Konstanta String
  1. Konstanta string diawali dengan diakhiri dengan tanda petik tunggal Contoh ‘Sampul’
  2. Isi string bisa bernilai nol karakter, satu karakter dan banyak karakter contoh ‘ ‘ Disebut karakter kosong sebab diantara tanda petik tidak terdapat karakter. ‘S’ berisi satu karakter. ‘Sampul Ilmu’ berisi Banyak Karakter
Semoga Aturan Dalam Penulisan Konstanta Di Delphi. Dapat bermanfaat dan dijadikan sebagai bahan pembelajaran terima kasih.

.

0 Response to "Aturan Dalam Penulisan Konstanta Di Delphi"

Post a Comment