cara merawat komputer

Pada Kesempatan yang lalu sampul ilmu sudah menjelasakan tentang cara merawat Notebook/Laptop Tetapi Sangat ganjil jika sampul ilmu tidak menjelaskan tentang cara merawat komputer. Untuk merawat komputer Ada beberapa Tips yang perlu diperhatikan.

Berikut ini adalah langkah-langkahnya :
  1. Sediakan UPS, Sering kali tegangan listrik turun-naik atau bahkan mati tiba-tiba akan berdampak kurang baik pada PC , terutama PC yang sudah lama, akan mengakibatkan rusaknya Power Supply, rusaknya Hardisk, bahkan Morherboard.
  2. Bersihkan dari debu, biasanya CPU di taruh di samping meja, di letakan dilantai sehingga kemungkinan masuknya debu kedalam CPU besar sekali, Debu sebagai penghantar panas, sehingga apa bila komponen CPU , misalnya Prosesor, walau tersembunyi debu bisa masuk juga, Memori/ RAM sering kali kena debu, dan kerja komputer jadi ngadat, hang atau bahkan komputer tidak bisa dinyalakan timbul suara beep. maka check dan segera bersihkanlah kompenen tersebut , pasang kembali dan nyalakan. 
  3. Voltase, Untuk di Indonesia voltase memakai 220 volt, tapi untuk komputer produk Jepang masih 110 volt, sehingga bila menyalakan komputer produk Jepang, jangan lupa sediakan adapter untuk Menurunkan voltase dari 220 ke110 volt. kalau tidak pasti terbakar.
  4. Penangkal petir, untuk daerah rawan petir, terutama jaringan komputer yang terhubung menara yang tidak dilengkapi penangkal petir, berbahaya bila terkena petir akan merembet keseluruh jaringan. karena itu sediakan penangkal petir lebih baik. 
  5. Jauhkan dari medan magnetik, medan magnetik bisa mengganggu performa CPU juga monitor. 
  6. Demi keamanan data serta system komputer, Pasrikan sudah ada Antivirus dan selalu di update. 
  7. Pastikan pula ada program utilities tambahan untuk menghapus sisa registry dan sampah dari internet(cokies)
Semoga cara merawat komputer Dapat Bermanfaat
Sumber:
Telkom.Net

Post a Comment for "cara merawat komputer"