Tata Cara Penulisan Daftar Pustaka

Tata Cara Penulisan Daftar Pustaka apa Yang dimaksud dengan daftar pustaka…? Daftar Pustaka (Bibliografi) adalah sebuah daftar seperti judul buku, nama pengarang buku, penerbit buku, artikel-artikel, dan bahan-bahan penerbitan lainnya, yang mempunyai pertalian dengan sebuah karangan atau sebagian dari karangan yang sedang dikerjakan. 

Fungsi daftar pustaka adalah memberikan deskripsi yang penting tentang buku, majalah, harian secara keseluruhan, yang dirujuk dalam skripsi. Penempatan Daftar pustaka adalah pada halaman akhir sebuah buku atau laporan penelitian yang disusun secara teratur dan berurutan berdasarkan abjad.

Penulisan Daftar Pustaka adalah untuk memberikan referensi bagi pembaca buku tersebut untuk melakukan kajian ulang. Dibawah ini adalah beberapa proses pembuatan Daftar pustaka yang harus anda ketahui.

Cara Mudah Belajar Tata Cara Penulisan Daftar Pustaka
Tata Cara Penulisan Daftar Pustaka

Unsur-unsur daftar pustaka 

  1. Nama pengarang dikutip secara lengkap; 
  2. Judul buku; 
  3. Data publikasi: tempat terbit, penerbit, tahun terbit, cetakan, nomor jilid; 
  4. Untuk sebuah artikel diperlukan pula judul artikel , nama majalah, jilid, nomor dan tahun. 

Ketentuan penulisan daftar pustaka

  1. Penulisan Nama pengarang tanpa gelar akademik. 
  2. Mengurutkan Nama pengarang sesuai dengan urutan alfabet. 
  3. Nama yang dipakai dalam urutan adalah Nama Keluarga. Jika tidak ada nama keluarga, maka nama pengarang tidak perlu dibalik. Nama yang dibalik diberi tanda koma antara nama keluarga dan nama pengarang sendiri, sedangkan nama yang tidak dibalik tidak perlu diberi tanda koma. 
  4. Bila tidak ada pengarang, maka judul buku atau artikel yang dimasukkan dalam urutan alfabet. 
  5. Jika untuk seorang pengarang terdapat lebih dari satu bahan referensi, maka untuk referensi yang kedua dan seterusnya, nama pengarang tidak perlu ditulis lagi, tetapi diganti dengan garis sepanjang 7 (tujuh) ketukan. 
  6. Jarak antara baris dengan baris dalam satu referensi adalah 1 spasi, tetapi jarak antara referensi yang satu dengan yang lainnya adalah 2 spasi. 
  7. Baris pertama dimulai dari marjin kiri. Baris kedua dan seterusnya dalam satu referensi diberi jarak 6 ketuk (karakter) dari marjin kiri. 


Untuk Cara Pembuatan Daftar Pustaka akan Kami Bahas Pada Postingan Selanjutnya.

Semoga Tata Cara Penulisan Daftar Pustaka yang mencakup unsur-unsur daftar pustaka dan ketentuan penulisan Daftar Pustaka Dapat Bermanfaat.

0 Response to "Tata Cara Penulisan Daftar Pustaka"

Post a Comment