Akibat Perang Dunia Ke II Dibidang Politik

Akibat Perang Dunia Ke II Dibidang Politik. Perang Dunia II membuat perubahan besar pada peta politik, Suasana diliputi ketegangan dan keinginan balas dendam, terutama negara-negara yang kalah perang. Mereka dirugikan oleh perjanjian-perjanjian yang dibuat oleh blok Sekutu. Pada umumnya negara-negara yang terlibat perang mengalami kehancuran ekonomi. Untuk itu mereka berusaha bangkit dengan cara yang diktator dan mengembangkan paham ultranasionalisme.

Baca Juga Akibat Perang Dunia Ke II Dibidang Ekonomi

Lebih dari tujuh puluh juta orang, mayoritas warga sipil, tewas. Hal ini menjadikan Perang Dunia II sebagai konflik paling mematikan dalam sejarah manusia.Perang Dunia II berkecamuk di tiga benua ; yaitu Afrika, Asia dan Eropa.

Akibat Perang Dunai Ke II Dibidang Politik

Berikut adalah Beberapa Dampak Perang Dunia Ke II dibidang Politik.

Banyaknya Negara –negara di asia Afrika memperoleh kemerdekaan dengan Berakhirnya Perang Dunia II membawa dampak jatuhnya imperialis. Dengan Jatuhnya imperialisme memicu rasa  semangat nasionalisme di wilayah Asia dan Afrika untuk melepaskan diri dari cengkeraman negara Asing atau dalam artian ingin mendapatkan kemerdekaan.

Meluasnya Komunisme internasional yang menimbulkan perubahan perimbangan kekuatan dunia. Terjadi perebutan hegemoni di antara kedua ideologi yang berbeda berakibat munculnya perang dingin (cold war) antara Amerika Serikat dan Uni Soviet. Perang dingin ini sudah berakhir ketika Uni Soviet terpecah pada 1991 menjadi Commonwealth of Independent State (CIS). Pada masa perang dingin ini kedua kekuatan mencoba mempengaruhi negara-negara sepaham untuk membentuk aliansi (persekutuan), seperti North Atlantic Treaty Organization (NATO), yaitu fakta pertahanan Amerika Serikat bersama negara-negara Eropa Barat. Adapun aliansi bentukan Uni Soviet adalah Pakta Warsawa, yaitu pertahanan Uni Soviet bersama negara- negara Eropa Timur,

Politik Pecah belah yang dilakukan oleh negara adidaya untuk kepentingan sendiri dinegara lain. Memunculkan dua kekuatan besar dunia yakni Amerika Serikat dengan ideologi demokrasi liberalnya (liberalisme), dan Uni Soviet dengan ideologi komunisnya. Balance of Power Policy mengakibatkan munculnya politik aliansi yang berdasarkan atas kemauan bersama (Collective Security) misalnya adanya METO (middle eastern treaty organiszation) dan SEATO (south east asian treaty organization).

Dikutip dari berbagai sumber.
.

0 Response to "Akibat Perang Dunia Ke II Dibidang Politik"

Post a Comment