Cara Membuat Database VB Menggunakan Microsoft Access

Cara Membuat Database VB Menggunakan Microsoft Access. Untuk membuat sebuah aplikasi di visual basic agar menjadi sebuah program yang dapat digunakan untuk menyimpan data yang diinput hal harus dilakukan adalah membuat sebuah database sebagai tempat untuk penyimpan data yang telah diproses.

Sebagai contoh sampul ilmu membuat sebuah form input data siswa yang terdiri dari nis, nama, alamat, Jenis Kelamin Dan Tempat Tanggal Lahir. Yang nantinya data yang telah diinput diform tersebut akan disimpan di database yang dibuat dengan menggunakan Microsoft Access.

Berikut ini sampul ilmu menjelaskan tentang cara mudah Membuat Database di VB Menggunakan Microsoft Access.

Pertanyaannya. Buatlah Database dengan nama db_siswa dimicrosoft Access dengan ekstensi *.mdb yang didalamnya terdapat field nis, nama, t_lahir, tgl_lahir, jenkel dan alamat.

Buatlah Folder Baru. Sebagai contoh sampul ilmu membuat folder baru Di Drive D dengan nama Database. Maksudnya adalah tempat menyimpan database yang akan kita buat. Anda dapat menyimpannya dimana saja sesuai keinginan anda.

Buka Aplikasi Microsoft Access di computer anda
  1. Clik icon folder yang terdapat disebelah kanan
  2. kemudian clik drive D kemudian clik double pada folder database (folder database disini adalah folder penyimpanan yang telah dibuat sesuai langkah diatas)
  3. File name ketikan nama database yang akan dibuat contoh db_siswa
  4. Pada Save As Type  : pilih Microsoft Access Databases (2002-2003 format)(*.mdb)
  5. Clik Ok
  6. Clik Create

Cara Membuat Database VB Menggunakan Microsoft Access

Setelah Proses diatas telah selesai dilakukan langkah selanjutnya adalah buatlah tabel dengan nama siswa kemudian masukan field nis, nama, t_lahir, tgl_lahir, jenkel dan alamat sesuai dengan langkah-langkah berikut :
  1. Clik View
  2. kemudian pilih Design View
  3. Kemudian pada table Name ketikan nama tabel contoh siswa clik OK

Cara Membuat Database VB Menggunakan Microsoft Access

Setelah Tabel Telah selesai dibuat langkah selanjutnya buatlah beberapa filed didalamnya seperti gambar dibawah ini
Cara Membuat Database VB Menggunakan Microsoft Access

Nis merupakan primary key yang artinya setiap nis dari siswa akan berbeda atau dapat dikatakan setiap siswa mempunyai 1 nis saja tidak boleh sama sampul ilmu menggunakan tipe data text sebab data yang akan diinput adalah gabungan antara angka dan huruf.

Database telah selesai dibuat langkah selanjutnya adalah Cara Mengkoneksikan Database Accsess Di Visual Basic 6.0.

Semoga Cara Membuat Database VB Menggunakan Microsoft Access dapat bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran terima kasih.

2 Responses to "Cara Membuat Database VB Menggunakan Microsoft Access"