Membuat variabel dengan deklarasi Implisit di visual basic

Membuat variabel dengan deklarasi Implisit di visual basic. Pendeklarasian variabel ini adalah dimana dalam bentuk penulisannya langsung digunakan yang disertai dengan sebuah karakter khusus dibelakangnya yang berfungsi untuk menentukan tipe data yang digunakan. Pada deklarasi implisit ini berbeda dengan deklarasi Eksplisit yang mana dalam penulisan deklarasi Eksplisit harus menggunakan kata kunci Dim.

Sebagai contoh sampul ilmu menampilkan variabel dengan tipe data integer dan tipe data string, dengan cara menuliskan langsung nama variabel tersebut tanpa harus dideklarasikan terlebih dahulu.

Berdasarkan penjelasan diatas maka sampul ilmu menjelaskan tentang cara membuat variabel dengan deklarasi Implisit di visual basic. Untuk lebih jelasnya anda terlebih dahulu mengerti bentuk penulisan deklarasi tersebut.

<nama variabel><karakter untuk Tipe Data> = <value>

Karakter untuk Tipe Data yang digunakan pada akhir nama variabel digunakan untuk menentukan tipe data dari variabel tersebut Berikut adalah beberapa karakter untuk Tipe Data yang digunakan untuk menentukan jenis tipe data yang digunakan adalah sebagai berikut
  1. % = integer
  2. & = Long Integer
  3. ! =  Singel
  4. # = Double
  5. @ =  Currency
  6. $ = String
Contoh Penerapannya dalam visual basic
Buatlah form dengan 2 buah text. Kemudian click double pada form dan ketikan kode dibawah ini
JML% = 5
BRG$ = "SABUN"
Text1.Text = JML% * JML%
Text2.Text = BRG$

Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.

Membuat variabel dengan deklarasi Implisit di visual basic

Jika sebuah variabel langsung digunakan tanpa harus dideklarasikan terlebih dahulu, baik deklarasi Eksplisist dan Implisist, maka visual basic akan langsung membaca tipe data yang digunakan adalah tipe data Variant (Angka Atau Teks). 

Semoga membuat variabel dengan deklarasi Implisit di visual basic dapat bermanfaat dan dijadikan sebagai bahan pembelajaran terima kasih.

3 Responses to "Membuat variabel dengan deklarasi Implisit di visual basic"