Mengenal Database Microsot Access

Mengenal Database Microsot Access. Dalam Bekerja Mnggunakan Ms. Access, kita tidak akan terlepas dari data. Sebagai contoh data tentang pegawai, nilai, harga makanan, jumlah saldo tabungan, dan lain-lain. Agar dapat diolah menjadi suatu informasi yang bermanfaat bagi orang yang membacanya, maka data harus diorganisasikan dan diolah dalam suatu file database. 

Untuk pengorganisasian dan pengolahan data dengan computer dibutuhkan suatu Sistem Manajemen Data Base (DBMS). Dengan DBMS, kita dapat menambah, mengubah, menghapus, dan mengurutkan data sesuai dengan urutan yang sesuai dengan yang diinginkan serta membuat laporan bagi data tersebut.

Database atau biasa dikenal dengan sebutan basis data adalah kumpulan data yang berhubungan dengan suatu objek, topik, atau tujuan khusus tertentu. Contoh database antara lain: buku telepon, buku kamus, katalog buku di perpustakaan, data penyewa di toko rental, dan lain-lain.

Didalam mengolah database, Access memiliki sarana atau objek yang dapat mempermudah dalam membangun sebuah database. Objek-objek tersebut antara lain :
  1. Table Merupakan tempat atau sarana untuk penyimpanan data
  2. Query Digunakan untuk menyaring data dengan berbagai kriteria dan urutan yang diinginkan
  3. Form Digunakan untuk memasukkan dan mengubah data/informasi yang ada di dalam suatu database dengan menggunakan tampilan formulir
  4. Report Digunakan untuk menampilkan, mencetak data atau informasi dalam bentuk laporan

Ada beberapa istilah yang harus diketahui pada saat bekerja dalam Access yaitu:
  1. Table : sekumpulan data yang memiliki topik tertentu. Tabel terdiri dari berbagai Field dan Record.
  2. Field : tempat atau di mana data atau informasi dalam kelompok yang sama atau sejenis dimasukkan. Field umumnya tersimpan dalam bentuk kolom secara vertikal pada tabel.
  3. Record : merupakan data lengkap dalam jumlah tunggal yang biasanya tersimpan dalam bentuk baris secara horizontal pada tabel.

Untuk Pembuatan Database Anda Dapat Membaca Cara Membuat Database Microsoft Access.

Semoga Penjelasan tentang Mengenal Database Microsot Access Dapat Bermanfaat Dan Dijadikan Sebagai Bahan Pembelajaran Terima Kasih.

Referensi
http://office.microsoft.com/en-us/access/FX100487571033.aspx

0 Response to "Mengenal Database Microsot Access"

Post a Comment