Tips Cara menyamakan ukuran kontrol Pada VB

Sampul Ilmu`~ pada postingan sebelumnya sampul ilmu menjelaskan tentang Cara Mudah Dan Cepat Merapikan Kontrol Pada Form Di Visual Basic. Jika anda membuat sebuah apliaksi yang didalamnya terdapat beberapa kontrol dengan ukuran yang berbeda-beda. Apa yang anda lakukan….? 

Penjelasan kali ini tentang menyamakan ukuran tinggi dan lebar kolom suatu kontrol sesuai dengan ukuran kontrol acuan. Sebagai contoh dalam form anda terdapat beberapa textbox  dimana ukuran dan lebar texbox berbeda-beda agar tampilan form anda lebih rapi sesuaikan ukuran texbox tersebut sehingga lebar dan tinggi sama besar.

Berikut adalah langkah-langkahnya:
Tentukan Kontrol yang akan disamakan ukurannya, setelah itu clik menu format kemudian clik Make Same Size, kemudian tentukan pilhan ukuran seperti dibawah ini:
  1. Width, adalah untuk Menyamakan Ukuran Lebar Kontrol
  2. Height, adalah untuk Menyamakan Ukuran Tinggi Kontrol
  3. Both, Adalah Untuk Menyamakan Ukuran Lebar dan tinggi Kontrol

lihat Gambar Dibawah ini:
Tips Cara menyamakan ukuran kontrol Pada VB

Keterangan 
Text1 adalah sebagai acuan, jika anda ingin menjadikan text1 sebagai acuan caranya tekan Ctrl pada KeyBoard kemudian clik kontrol-kontrol yang ingin anda atur setelah selesai lepas tombol Ctrl, Dalam Memilih Kontrol sebaiknya anda memilih kontrol yang akan diatur terlebih dahulu kemudian yang terakhir adalah kontrol yang akan dijadikan acuan.


Semoga Cara mudah menyamakan ukuran kontrol Pada VB Dapat Bermanfaat

0 Response to "Tips Cara menyamakan ukuran kontrol Pada VB"

Post a Comment