Rumus Mencari Textbox Kosong Di Visual Basic

Dalam Membuat Aplikasi Penginputan Data dibutuhkan Banyak Texbox untuk pengisian data dimana dalam proses kerja texbox tersebut harus terisi biasanya ini dapat mengakibatkan masalah pada penyimpanan data akan terjadi kesalahan penyimpanan yang diakibatkan salah satu texbox masih kosong atau belum terisi. Maka dari itu Untuk mengetahui textbox sudah diisi atau belum bisa dilakukan dengan beberapa cara, antara lain dengan menggunakan perintah "IF...THEN", namun bila kita menggunakan perintah ini kita diharuskan menulis code program yang cukup banyak, dan itu menjadi tidak efektif.

Adapun cara lain yang menurut saya lebih efektif dari pada kita menggunakan perintah "IF" yaitu dengan memanfaatkan perintah perulangan, rumus perulangan yang digunakan adalah "FOR  NEXT", pada kesempatan kali Sampul Ilmu Berbagi pengetahuan tentang Rumus Mencari Textbox Kosong Di Visual Basic

Dibawah ini adalah cara-cara Penulisan Rumusnya :

Private Sub CariKosong()
Dim ctr As Control
For Each ctr In Me.Controls
If TypeOf ctr Is TextBox Then
If ctr.Text= vbNullString Then
MsgBox "TextBox Masih Kosong"
ctr.SetFocus
Exit Sub
End If
End If
Next ctr
End Sub

Keterangan Rumus
Perulangan dilakukan terhadap variabel ctr dimana ctr adalah sebuah kontrol yang terdapat pada form dimana code ini ditulis ( In Me.Controls). Kemudian jika tipe dari ctr adalah textbox maka proram akan mengecek apakah ctr(TextBox) ada isinya atau tidak, jika masih kosong yang dalam visual basic kita bisa menggunakan vbNullString maka akan muncul kotak pesan dan akan langsung mengeset focus ke textbox yang kosong tersebut dan akan langsung menghentikan prosedur ini dengan perintah Exit Sub. Dan perulangan akan terus berlanjut dengan adanya perintah Next.

Contoh: Bentuk Penulisan Rumusnya Pada Visual Basic:
Buatlah Form Baru Pada Visual Basic Anda, Kemudian Masukan 3 (tiga) Buah Textbox Dan 1 Buah Commandbutton Seperti Pada Gambar Dibawah Ini. Anda juga dapat membaca Tutorial Dasar Dasar Program Visual Basic 6.0 :
Gambar 1
Buatlah Prosedur Baru dengan Nama cekkosong ( ) atau dengan cara copy rumus diatas dan paste kehalaman Form (Code). Langkah selanjutnya pada halaman Form (Form) double clik pada commanbutton Cek Textbox Kemudian Ketikan Cekkosong. Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.
Gambar 2
Untuk Melihat Hasilnya jalankan program atau Clik RUN kemudian clik Commandbutton Cek Textbox.

Semoga Rumus Mencari Textbox Kosong Di Visual Basic Dapat Bermanfaat untuk Pembelajaran.

Post a Comment for "Rumus Mencari Textbox Kosong Di Visual Basic"