Sunday, April 14, 2013

Latar Belakang Pendidikan Karakter Untuk anak usia dini

Latar Belakang Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Pembelajaran adalah suatu proses penciptaan lingkungan yang memungkinkan terjadinya proses belajar, Belajar dalam pengertian aktivitas dari peserta didik (pelajar) dalam berinteraksi dengan lingkungan yang menghasilkan perubahan perilaku yang bersifat relatif konstan .

Dalam rangka menciptaan model – model pembelajaran yang inovatif, maka pembelajaran berbasis multimedia dengan menggunakan animasi sangatlah berperan untuk peningkatan mutu peserta didik, Namun demikian perkembangan pembelajaran berbasis multimedia dengan menggunakan animasi dalam peningkatan mutu generasi muda haruslah terimbangi dengan pendidikan dini generasi berkarakter.

Latar Belakang Pendidikan Karakter Untuk anak usia dini
Pendidikan Karakter
Banyak yang sudah sadar, Pendidikan di Indonesia hanya mencetak pengangguran tanpa bisa berkompetisi atau menciptakan lapangan kerja. Ini sebuah kemubaziran dari kucuran trilyunan dana masyarakat dan pemerintah (Djati Indra 2003). Maka dari itu perkembangan ilmu pengetahuan apalagi perkembangan Teknologi Informasi perlu di imbangi dengan iman dan karakter generasi muda yang mencerminkan kepribadian yang mantab dan tangguh terhadap kemajuan apapun yang berkaitan dengan pembelajaran . Dalam rangka pengembangan ilmu pembelajaran ,pengetahuan, keterampilan, teknik, sikap, atau pengalaman itu semua perlu proses dan media pembelajaran yang berkembang pada anak usia dini sekarang ini.

Dengan mempelajari perkembangan ilmu yang sekarang ini berkembang apalagi ilmu yang berbasis multimedia dengan menggunakan animasi sangat berperan dalam belajar untuk meningkatkan kecerdasan antara lain Kecerdasan Linguistik: kecerdasan kata-kata Logika matematika, kecerdasan nomor dan sebab-akibat Spasial, kecerdasan image dan gambar-gambar kecerdasan memahami social Intrapersonal, kecerdasan memahami diri sendiri.

Rumusan Masalah 
  1. Bagaimana mengembangkan permainan edukatif dengan metode pendekatan sentra untuk pendidikan anak usia dini menggunakan media pembelajaran animasi berkarakter bagi anak usia dini.
  2. Bagaimana anak usia dini dapat berinteraksi dengan permainan edukatif.
  3. Bagaimana Menciptakan Suasana Bermain Sambil Belajar Bagi Anak
  4. Bagaimana cara menciptakan karakter anak didik agar lebih kreatif.
Sebelumnya sampul ilmu telah menulis tentang Media Pembelajaran Animasi Pendidikan Karakter Anak Usia Dini

Batasan masalah 
  1. Materi pembelajaran pada aplikasi ini hanya dibatasi untuk anak usia 3 – 5 tahun. Pembatasan usia anak sesuai dengan pembagian kelas pada PAUD.
  2. Permainan edukatif ini hanya menampilkan 3 jenis permainan, yang diadopsi dari cara belajar pendekatan Sentra pada Pendidikan Anak Usia Dini, yaitu sentra persiapan tata cara sholat, sentra persiapan berhitung dan mengenal huruf, dan sentra persiapan mengenal hewan menggunakan animasi interaktif 3D.
  3. Kategori permainan edukatif yang diterapkan pada aplikasi ini adalah pengenalan konsep dasar tata cara sholat, belajar berhitung dan mengenal huruf, pengenalan hewan dengan animasi 3D.
Tujuan 
  1. Mengembangkan teknologi Komputer khususnya animasi kedalam permainan edukatif untuk pendidikan anak usia dini.
  2. Merancang aplikasi untuk permainan anak yang edukatif dan interaktif.
  3. Menambah Alat Permainan Edukatif  (APE) untuk meningkatkan performa pendidik dalam mengajar.
Manfaat 
  1. Anak usia dini akan mendapatkan pengalaman yang berbeda dengan permainan edukasi lainnya sehingga dapat meningkatkan kreatifitasnya.
  2. Memperkenalkan teknologi komputer kepada anak sejak usia dini.
Semoga Bermanfaat......

Artikel Terkait:

Ditulis Oleh : sampul ilmu Hari: 5:00 AM Kategori:

Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

 

Contact Form

Name

Email *

Message *

Trafik Rank


Page Ranking Tool W3 Directory - the World Wide Web Directory DMCA.com

Google+ Followers