Saturday, March 30, 2013

Media Pembelajaran Animasi Pendidikan Karakter Anak Usia Dini

Media Pembelajaran Animasi Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Pembelajaran adalah suatu proses penciptaan lingkungan yang memungkinkan terjadinya proses belajar. Belajar dalam pengertian aktivitas dari peserta didik (pelajar) dalam berinteraksi dengan lingkungan yang menghasilkan perubahan perilaku yang bersifat relatif konstan . Dalam rangka menciptaan model – model pembelajaran yang inovatif, maka pembelajaran berbasis multimedia dengan menggunakan animasi sangatlah berperan untuk peningkatan mutu peserta didik, Namun demikian perkembangan pembelajaran berbasis multimedia dengan menggunakan animasi dalam peningkatan mutu generasi muda haruslah terimbangi dengan pendidikan dini generasi berkarakter.

Banyak yang sudah sadar, Pendidikan di Indonesia hanya mencetak pengangguran tanpa bisa berkompetisi atau menciptakan lapangan kerja. Ini sebuah kemubaziran dari kucuran trilyunan dana masyarakat dan pemerintah (Djati Indra 2003). Maka dari itu perkembangan ilmu pengetahuan apalagi perkembangan Teknologi Informasi perlu di imbangi dengan iman dan karakter generasi muda yang mencerminkan kepribadian yang mantab dan tangguh terhadap kemajuan apapun yang berkaitan dengan pembelajaran . Dalam rangka pengembangan ilmu pembelajaran ,pengetahuan, keterampilan, teknik, sikap, atau pengalaman itu semua perlu proses dalam mengembangkan Media Pembelajaran Animasi Pendidikan Karakter Anak Usia Dini sekarang ini.

Dengan mempelajari pekembangan ilmu yang sekarang ini berkembang apalagi ilmu yang berbasis multimedia dengan menggunakan animasi sangat berperan dalam belajar untuk meningkatkan kecerdasan Kecerdasan Linguistik: kecerdasan kata-kata Logika matematika, kecerdasan nomor dan sebab-akibat Spasial, kecerdasan image dan gambar-gambar kecerdasan memahami social Intrapersonal, kecerdasan memahami diri sendiri. Tutorial pembuatan Animasi Menggunakan Macromedia Flash 8

Tujuan
  1. Mengembangkan teknologi Komputer khususnya animasi kedalam permainan edukatif untuk pendidikan anak usia dini.
  2. Merancang aplikasi untuk permainan anak yang edukatif dan interaktif.
  3. Menambah Alat Permainan Edukatif  (APE) untuk meningkatkan performa pendidik dalam mengajar

Aplikasi Yang Digunakan
  1. MACROMEDIA FLASH 8
  2. COREL DRAW
  3. PHOTOSHOP CS 4
Dalam Pembuatan Media Animasi Ini Disediakan 3 macam pembelajaran seperti Pada Gambar Dibawah ini (Gambar Dibawah ini adalah Contoh Dari Animasi Yang Kami kerjakan)

Belajar Mengenal Angka Dan Huruf
Dalam Metode Pembelajaran Ini Peserta Diberi Pengetahuan Tentang
  1. Belajar Menyebut  Angka  1 sampai 9
  2. Belajar Menyebut Huruf A sampai Z
  3. Belajar Mengenal Bentuk Angka Dan Huruf
Media Yang Digunakan adalah Gambar Angka Dan Huruf

Belajar Mengenal Hewan
Dalam Metode Pembelajaran Ini Peserta Diberi Pengetahuan Tentang
  1. Belajar Menyebut Nama Hewan
  2. Belajar Mengenal Bentuk Hewan
  3. Belajar Mengenal Suara Hewan
  4. Belajar Menghitung Jumlah Hewan
Media Yang Digunakan adalah Gambar Hewan

Belajar Tata Sholat
Dalam Metode Pembelajaran Ini Peserta Diberi Pengetahuan Tentang
  1. Belajar Gerakan Gerakan Sholat
  2. Belajar Tahapan Sholat
Media Yang Digunakan adalah Gambar Tata Cara Sholat

Kesimpulan
  • Kegiatan pelatihan Media animasi sebagai salah satu upaya peningkatan inovasi guru dalam pengajaran mendapat respon positif dari seluruh peserta
  • Guru-guru memiliki kemampuan membuat media pembelajaran Animasi Pendidikan Karakter anak usia dini.
  • Melalui kegiatan pelatihan ini, diperoleh produk berupa CD pembelajaran berbasis media animasi yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran dan menciptakan suasana pembelajaran yang menarik. 
  • Kegiatan Pembelajaran ini telah memberikan bekalan kepada peserta yang tidak hanya bersifat teoritis tapi juga praktik langsung.
Semoga Media Pembelajaran Animasi Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Bermanfaat.......


Artikel Terkait:

Ditulis Oleh : sampul ilmu Hari: 8:07 AM Kategori:

Comments
1 Comments

1 komentar:

  1. Wah. Bener nih gan. semakin canggih dunia. para guru juga mesti semakin kreatif. biar siswa g pada bosen. jera deh sama sistem guru" dulu, ngantuk :D

    ReplyDelete

 

Contact Form

Name

Email *

Message *

Trafik Rank


Page Ranking Tool W3 Directory - the World Wide Web Directory DMCA.com

Google+ Followers