Belajar Struktur Dasar PHP

Belajar Struktur Dasar PHP . Apakah PHP itu….. PHP Merupakan singkatan Dari Hypertext Prepocessor  Pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1994. dalam Belajar Struktur Dasar PHP Anda Harus mengerti Tentang Pengunaan Aplikasi Untuk Menuliskan Kode PHP Seperti Notepad, EditPlus, Crimson Editor, Dreamweaver, atau Masih Banyak Lagi Aplikasi Lainnya.

Sebelum Memulai Belajar Struktur Dasar PHP Diharapkan agar Apache, PHP, dan MySQL di komputer Anda sudah terinstal dengan benar. Dan telah mengerti bagaimana cara menggunakan Web Browser (IE, Mozilla, Opera, dsb) Anda telah mengenal dan mengerti dengan cukup baik tentang tag-tag HTML Untuk belajar HTML anda dapat membaca Pendahuluan dan Struktur HTML dan juga bagaimana menggunakannya. Dan Yang paling penting adalah penglihatan Anda masih normal sehingga bisa membedakan antara : Bentuk Penulisan Mana Yang Mengunakan Huruf Kapital Dan Mana Yang Tidak, Tanda Koma ( , ), Tanda titik-koma ( ; ), Tanda titik-dua ( : )Tanda Kutip-tunggal (‘) dan Tanda kutip-ganda (“),

Struktur Dasar PHP
Dibawah ini adalah Beberapa Bentuk Penulisan Kode PHP Yang Mana Setiap Penulisan salah satu kode tersebut secara otomatis akan diketahui bahwa kode tersebut adalah kode PHP.

  1. <? dan ?>
  2. <?php dan ?>
  3. <script language=”php”> dan </script>
  4. <% dan %>

Catatan:
Penggunaan Kode diatas disesuaikan dengan Aplikasi atau system pada komputer anda. tetapi kebayakan orang mengunakan kode No 2.

Contoh Penulisan Kode Struktur Dasar PHP
<?php
echo "Belajar Bersama Sampul ilmu ";
?>

Variabel
Variabel Digunakan untuk menyimpan sebuah value, data atau informasi. aturan penulisan variabel pada php. Nama variabel diawali dengan tanda $ Panjang tidak terbatas Setelah tanda $ diawali oleh huruf atau under-scrore (_). Karakter berikutnya bisa terdiri dari huruf, angka, dan karakter tertentu yang diperbolehkan (karakter ASCII dari 127-255). Bersifat case-sensitive. Tidak perlu dideklarasikan. Dan Tidak boleh mengandung spasi.

Contoh Penulisan variabel php

Penulisan Yang Salah       Penulisan Yang Benar     
$3name$_name
$name?$first_name
$first+name$name3
$first.name$name_3

Contoh Penulisan Struktur Dasar PHP
Ketikan contoh rumus php dibawah ini pada notepad kemudian simpan dengan nama “contoh.php”. Di Drive C >> Xampp >> htdocs >> Folder Latihan.

<?php
$nik = "0411500400";
$nama = 'Sampul Ilmu';
echo "NIK : " . $nik . "<br>";
echo "Nama : $nama";
?>

Keterangan
$nik adalah Variabel untuk menampilkan ‘0411500400’
$nama adalah Variabel untuk menampilkan 'Sampul Ilmu'
Echo adalah kode untuk menampilkan tulisan / hasil dari variable di web browser

Hasilnya :
Buka Browser anda kemudian ketikan alamat http://localhost/latihan/contoh.php kemudian Enter Dan Lihat Hasinya. Seperti Pada Gambar Dibawah ini.

Cara mudah Belajar Struktur Dasar PHP
Belajar Struktur Dasar PHP
Semoga Penjelasan Tentang Belajar Struktur Dasar PHP yang terdiri dari Struktur Dasar PHP, Bentuk Penulisan Variabel Dan Contoh Penulisan Struktur Dasar PHP Dapat bermanfaat bagi sahabat sampul ilmu. Terima Kasih…

Post a Comment for "Belajar Struktur Dasar PHP"