Ciri-Ciri Ideologi Tertutup

Ciri-Ciri Ideologi Tertutup. Ideologi tertutup merupakan ideologi yang bersifat mutlak. Dengan kata lain bahwa Ideologi tertutup merupakan ajaran atau pandangan dunia atau filsafat yang menentukan tujuan-tujuan dan norma-norma politik dan sosial, yang ditasbihkan sebagai kebenaran yang tidak boleh dipersoalkan lagi, melainkan harus diterima sebagai sesuatu yang sudah jadi dan harus dipatuhi.

Ciri-Ciri Ideologi Tertutup


Ciri-ciri Ideologi Tertutup

  1. Bukan merupakan cita-cita yang sudah hidup dalam masyarakat, melainkan cita-cita sebuah kelompok yang digunakan sebagai dasar untuk mengubah masyarakat.
  2. Apabila kelompok tersebut berhasil menguasai negara, ideologinya itu akan dipaksakan kepada masyarakat. Nilai-nilai, norma-norma dan berbagai segi masyarakat akan diubah sesuai dengan ideologi tersebut.
  3. Bersifat Totaliter, artinya mencakup / mengurusi semua bidang kehidupan. Karena itu ideologi tertutup ini cenderung cepat-cepat berusaha menguasai bidang informasi dan pendidikan sebab kedua bidang tersebut merupakan sarana efektif untuk memengaruhi perilaku masyarakat.
  4. Pluralisme pandangan dan kebudayaan ditiadakan, hak asasi tidak dihormati.
  5. Menuntut masyarakat untuk memiliki kesetiaan total dan kesediaan untuk berkorban bagi ideologi tersebut.
  6. Isi ideologi tidak hanya nilai-nilai dan cita-cita, tetapi juga tuntutan konkret dan operasional yang keras,mutlak dan total.
  7. Nilai dan cita-cita sekelompok orang yang mendasari niat dan tujuan kelompok.
  8. Harus ada yang dikorbankan demi ideologi sekelompok orang.
  9. Loyalitas ideologi yang kaku.
  10. Terdiri atas tuntutan konkrit dan operasional yang diajukan mutlak.
  11. Ketaatan yang mutlak bahkan kadang menggunakan kekuatan dan kekuasaan.

Jadi, ideologi tertutup adalah ideologi yang dipaksakan dari atas untuk harus diterima, bila perlu dengan tangan besi / fisik agar dapat diterima sebagai cara hidup dan kehidupan suatu kelompok masyarakat / bangsa.

Post a Comment for "Ciri-Ciri Ideologi Tertutup"