Cara Mudah Mengatur Perataan Teks Di Excel

Cara Mudah Mengatur Perataan Teks Di Excel. bekerja diexcel tidak semudah bekerja di Microsoft word untuk membuat hasil pekerjaan menjadi lebih rapi oleh karena itu pengaturan teks memang sangat dibutuhkan. Berdasarkan pengalaman sampul ilmu banyak dari teman-teman yang lebih senang bekerja di word daripada excel dengan alasan bahwa diexcel lebih rumit. Tapi perlu anda ketahui jika anda mengerti dan memahami excel justru bekerja di excel sangat menyenangkan.

Untuk contoh sampul ilmu membuat beberapa contoh dimana dalam proses perataan teks yang dimaksud diatas adalah menggunakan fungsi Alignment yang terdiri dari 4 pengaturan antara lain adalah Text Alignment, Text control, Right-to-left dan Orientation.

Berdasarkan penjelasan diatas maka sampul ilmu akan menjelaskan tentang Berikut ini adalah penjelasan tentang Cara Mudah Mengatur Perataan Teks Di Excel menggunakan Alignment.

Sebagai Contoh Sampul ilmu menuliskan Nama Barang Pada Cell A1  kemudian Aktifkan Cell A1 Tersebut setelah itu clik Alignment maka akan muncul halaman Format Cells atau anda dapat menggunakan cara lain yaitu clik kanan pada cell A1 kemudian Pilih Format Cells….. seperti pada gambar dibawah ini:

Cara Mudah Mengatur Perataan Teks Di Excel

Pada Halaman Format Cells Terdapat Empat Pengaturan Untuk Perataan Cell antara lain adalah.
  1. Text Alignment, 
  2. Text control, 
  3. Right-to-left dan 
  4. Orientation
Cara Mudah Mengatur Perataan Teks Di Excel

Berikut adalah penjelasan masing-masing pengaturan
Text Alignment
Digunakan untuk mengatur perataan teks,yang terdiri dari 2 buah opsi pengatura yaitu:
  • Horizontal  adalah pilihan Perataan teks secara horizontal
  • Vertical adalah pilihan Perataan secara vertical
Seperti contoh dibawah ini
Contoh Pertama
  • Horizontal  : Ubah Menjadi Center
  • Vertical : Ubah Menjadi Top
Contoh Kedua
  • Horizontal  : Ubah Menjadi Center
  • Vertical : Ubah Menjadi Buttom
Cara Mudah Mengatur Perataan Teks Di Excel

Text control
  1. Wrap text : adalah cara untuk Membuat teks mengikuti ukuran lebar cell. Contoh Pada teks “Sampul Ilmu adalah Tempat Untuk Berbagi “ akan secara otomatis mengikuti ukuran lebar cell.
  2. Shrink to fit : adalah cara untuk Membuat teks mengecil mengikuti lebar cell. Contoh Pada teks “Sampul Ilmu adalah Tempat Untuk Berbagi “ akan secara otomatis berukuran lebih kecil mengikuti ukuran cell.
  3. Merge cells : adalah cara untuk Menggabungkan cell. Contoh Blok 2 Buah Cell maka akan secara otomatis ada penggabungan antara cell A1 Dan B1 
Untuk Lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini:

Cara Mudah Mengatur Perataan Teks Di Excel

Right-to-left
  • Text Direction : adalah cara untuk Mengatur arah penulisan teks
Orientation 
Orientation Adalah cara untuk Mengatur derajat kemiringan dari teks. Contoh : Pada Degrees ubah nilai menjadi -45 maka hasilnya akan tampak seperti pada gambar dibawah ini.

Cara Mudah Mengatur Perataan Teks Di Excel

Catatan : anda dapat merubah nilainya sesuai dengan keiginan anda.

Semoga Cara Mudah Mengatur Perataan Teks Di Excel dapat bermanfaat dan dijadikan sebagai bahan pembelajaran terima kasih.

0 Response to "Cara Mudah Mengatur Perataan Teks Di Excel"

Post a Comment