Perbedaan Struktur Bumi/Lapisan Bumi

Perbedaan Struktur Bumi / Lapisan Bumi. Berdasarkan Penelitian menurut ilmu pengetahuan dan teknologi teori tentang kerangka bumi dibagi menjadi 3 bagian besar  yakni kerak bumi (Crush), selimut bumi (mantle) dan inti bumi (core). Dari bagian besar kerangka bumi tersebut berikut adalah perbedaan serta penjelasan tentang bagian dari struktur / Lapisan Bumi antara lain adalah.

A. Kerak Bumi (Crush). 
Kerak bumi adalah lapisan paling atas atau terletak pada permukaan bumi dengan tebal rata-rata antara 10 s/d 50 Km. tebal lapisan ini tidak sama semua disemua tempat secara garis besar tebalnya berkisar antara 20 s/d 50 Km. namun ada dibawah dasar laut ketebalannya hanya mencapai 10 s/d 12 Km. bentuk lapisan ini berupa materi-materi yang padat 


Berikut adalah sublapisan dari kerak bumi
  • Lapisan Granitis. Merupakan lapisan paling luar susunan materi yang menyusunnya kebanyakan batuan granit . lapisan ini menempati lapisan paling atas dengan ketebalan sekitar 10 s/d 15 Km dengan kecepatan gelombang primer mencapai 6.5 Km/detik
  • Lapisan Basaltis adalah lapisan setelah lapisan granitis lapisan ini tersusun berdasarkan materi basalt yang bersifat basa dengan dentitas yang lebih besar dengan kedalaman sekitar 30 s/d 50 Km kecepatan gelombang primer berkisar antara 6.5 Km/detik dibagian atas dan dibagian bawah mencapai 8 Km/detik.

B. Selimut Bumi (mantle)
Lapisan ini terletak setelah lapisan kerak bumi lapisan ini bersifat sebagai lapisan pelindung dalam bumi yang terbagi atas 3 (tiga) Bagian yaitu :
  • Lapisan Litosfer Adalah merupakan Lapisan terluar dari selimut bumi kata ini terdiri dari Lithos yang berarti batuan dan fera yang berarti sekitar/sekeliling lapisan ini didominasi oleh batuan yang tersiri dari materi-materi yang berbentuk padat dengan ketebalan sekitar 50 s/d 100 Km. pada kedalaman 60 s/d 200 Km dari puncak lithosfer terdapat lapisan yang agak lain sifatnya dimana kecepatan gelombang lebih lambat yang disebut dengan low velocity layer.
  • Lapisan Astenoster adalah lapisan yang tereltak dibawah Litosfer dengan bentuk agak kental dengan ketebalan sekitar 100 s/d 400 Km oleh karena itu kecepatan gelombang pada waktu melewati lapisan ini agak menurun. Lapisan ini adalah sebagai tempat formasi magma (Magma Induk) 
  • Lapisan Mesosfer Lapisan ini terletak dibawah astenoster. Kecepatan gelombang primer bertambah sekitar 8 Km/detik. Bentuk dari lapisan ini adalah padat dengan tebal 2400 s/d 2750 Km. materi penyusun lapisan ini jauh lebih berat yang berupa mineral Periodolit dan Pallasit 

C. Inti Bumi (core)
Lapisan Ini terletak paling dalam dari bumi disebut dengan inti bumi (core) lapisan ini terbagi menjadi 2 Bagian yaitu :
  • Inti Luar (outer core) adalah bagian inti bumi yang terdapat dibagian luar (outer core) dengan bentuk cair oleh karena itu lapisan ini tidak dapat dilalui oleh gelombang sekunder  tebal dari lapisan ini sekitar 2160 Km.
  • Inti dalam (inner Core) adalah lapisan terdalam bumi (inner core). Lapisan ini berbentuk padat yang tersusun dari materi besi dan nikel pada kedalaman sekitar 5145 Km .

1 Response to "Perbedaan Struktur Bumi/Lapisan Bumi"