Mengenal Query Di Ms. Access

Mengenal Query Di Ms. Access. Query adalah sarana untuk mengatur data yang disimpan dalam tabel, sehingga hanya data-data tertentu saja yang akan dimunculkan dalam tabel. Secara fisik query adalah tabel juga. Jadi query adalah tabel yang dibuat dari beberapa tabel lainnya dengan tujuan untuk mengelompokkan data baru berupa tabel dengan sumber tabel-tabel yang sudah ada. Query digunakan untuk melihat, mengubah,dan juga menganalisa data dalam berbagai cara. Query juga dapat digunakan sebagai sumber untuk record-record pada form dan report.

Query dapat menyortir data atau menampilkan data-data yang memenuhi kriteria tertentu atau juga dapat berupa ekspresi. Pada database ada beberapa macam query yang terdapat pada Access 2007, diantaranya :

Select Query
merupakan jenis query yang paling umum. Select query mengambil data dari satu tabel atau lebih menggunakan suatu kriteria tertentu., kemudian menampilkannya. Anda juga dapat menggunakan select query untuk mengelompokkan sejumlah record dan menghitung jumlah total, jumlah data, serta rata-rata.

Parameter Query
merupakan query yang jika dijalankan menampilkan kotak dialog yang menanyakan informasi yang akan digunakan sebagai kriteria untuk mengambil data atau suatu nilai yang ingin Anda sisipkan ke dalam suatu field. Anda dapat merancang query untuk menanyakan lebih dari satu informasi sebagai kriteria, misalnya Anda dapat merancang untuk menanyakan dua buah tanggal, kemudian Access 2007 mengambil semua record yang ada diantara kedua tanggal tersebut. Parameter query juga berguna sebagai basis bagi form dan report. Contohnya, Anda dapat membuat laporan pendapatan bulanan berdasarkan parameter query. Ketika Anda mencetak laporan (report) tersebut, Access 2007 menampilkan kotak dialog menanyakan bulan yang Anda inginkan dan Access 2000 mencetak laporan pendapatan bulan tersebut.

Crosstab Query
menampilakan nilai-nilai yang telah diolah (jumlah total, jumlah nilai, dan rata-rata) dari suatu field dalam tabel dan mengelompokkannya ke dalam satu kelompok fakta yang didaftarkan [ada bagian kiri dari datasheet. Anda juga dapat menampilkan data crosstab tanpa membuat query yang terpisah dalam database dengan menggunakan Pivot Table Wizard. Dengan Pivot Table Anda juga dapat mengubah judul baris dan kolom untuk menganalisa data dalam berbagai cara.

Action Query
merupakan query yang membuat perubahan terhadap satu atau beberapa record sekaligus. Ada 4 macam action query yaitu :
  1. Delete Query, digunakan untuk menhapus sekumpulan record dalam satu tabel atau lebih. Sebagai contoh, Anda dapat menggunakan delete query untuk menghapus stok(barang) yang sudah tidak lagi digunakan. Dengan delete query, Anda selalu menghapus keseluruhan record, bukan hanya beberapa field dalam suatu record.
  2. Update Query, digunakan untuk membuat perubahan secara umum/global terhadap sekumpulan record dalam satu tabel ataupun lebih. Sebagai contoh, Anda dapat menaikkan harga produk sebesar 15% atau Anda dapat menurunkan harga sewa sebesar 10%.
  3. Append Query, digunakan untuk menambah sekelompok record dari satu atau lebih tabel ke dalam satu atau lebih tabel.
  4. Make Table Query, digunakan untuk membuat tabel baru dari seluruh atau sebagian data dalam satu atau lebih tabel. Make table query juga berguna untuk membuat tabel untuk ditransfer pada database Access 2007 yang lain, membuat record yang menampilkan data mulai posisi tertentu, membuat backup atau salinan dari suatu tabel membuat tabel history yang berisi record-record yang sudah lama.

SQL Query
SQL Query, merupakan query yang dibuat menggunakan pernyataan/syntax SQL. SQL query terdiri dari :
  1. Union, jenis query ini mengabungkan field (kolom) dari satu atau lebih tabel atau query ke dalam satu field atau kolom ke dalam query hasilnya. Contohnya, jika Anda memiliki lima pemasok yang mengirimkan daftar persediaan barang setiap bulan, Anda dapat menggabungkan daftar tersebut ke dalam sebuah query menggunakan union query, kemudian Anda dapat membuat make table query berdasarkan union query tersebut untuk membuat sebuah tabel yang baru.
  2. Pass Through, jenis query ini mengirimkan perintah secara langsung ke database ODBC, seperti Microsoft SQL Server, menggunakan perintah yang dapat diterima oleh server. Contohnya, Anda dapat menggunakan pass through query untuk mengambil record atau mengubah data.
  3. Data Definition, jenis query ini membuat objek database, seperti tabel Microsoft Access atau Microsoft SQL Server


Referensi
MUGI Microsoft User Group Indonesia

0 Response to "Mengenal Query Di Ms. Access"

Post a Comment