Contoh Deklarasi Variabel dengan cara Eksplisit di VB

Contoh Deklarasi Variabel dengan cara Eksplisit di VB. Deklarasi yang digunakan dengan menggunakan kata kunci DIM (dimension). Variabel yang dideklarasikan dengan pernyatan DIM dalam sebuah prosedur hanya berlaku selama prosedur tersebut dijalankan. Dan ketika prosedur tersebut selesai dijalankan, data pada variabel akan terhapus. Variabel yang dipasang pada suatu prosedur hanya berlaku pada prosedur tersebut.

Anda dapat menggunakan variabel pada suatu prosedur yang diambil dari prosedur lain atau menggunakan nama variabel yang sama pada prosedur yang berbeda tanpa harus khawatir akan terjadi kerancuan pada pembacaan variabel.

Selain diawali kata kunci Dim, deklarasi eksplisit juga dapat diawali dengan beberapa kata kunci sebagai berikut :
  1. Public, Variabel yang akan dikenali pada semua bagian, baik pada form atau modul, maupun semua prosedur yang ada di dalam program.
  2. Static, variabel yang akan berlaku pada level prosedur saja. Variabel ini sama dengan variabel local. Contohnya, pendeklarasian variabel pada sebuah fungsi. Di luar daerah pendeklarasian variabel tersebut tidak dikenal. Tetapi bedanya, variabel yang dideklarasikan secara Static, isinya tidak dihapus jika program berada di daerah tempat pendeklarasian, sehingga nilainya masih bias digunakan di lain waktu.
  3. Private, variabel yang berlaku untuk level modul atau form.
Bentuk Penulisan deklarasi variabel dengan cara Eksplisit.
Dim <NamaVariabel> As <TipeData>
Pilihan tipe data (As Type) pada pernyataan Dim digunakan untuk menentukan tipe data atau tipe objek dari variabel yang dideklarasikan sebagai contoh tipe data string, integer, dan currency, anda juga dapat membaca mengenal tipe data pada visual basic

Berikut adalah contoh pendeklarasian variabel dengan metode Eksplisit:
Contoh Pertama
Buatlah form dan masukan 2 buah label Ubah propertie caption pada label1 dengan angka 10 dan label2 dengan angka 0, Clik Doubel Pada Form kemudian masukan kode berikut pada form_load ()

Dim jml As Integer
jml = 10
Label2.caption = Val(Label1.caption) + jml

Seperti contoh gambar dibawah ini

Contoh Deklarasi Variabel dengan cara Eksplisit di VB

Contoh Kedua
Buatlah form dan masukan 2 buah text dan 1 buah command button, Hapus propertie text pada text1 dan text2, ubah caption command button menjadi Hasil. kemudian Clik Doubel Pada command button kemudian masukan kode berikut 

Dim jml As Integer
jml = 10
Text2.Text = Val(Text1.Text) + jml

Seperti contoh gambar dibawah ini

Contoh Deklarasi Variabel dengan cara Eksplisit di VB

Semoga Contoh Deklarasi Variabel dengan cara Eksplisit di VB. Dapat bermanfaat dan dijadikan sebagai bahan pembelajaran. Terima kasih

0 Response to "Contoh Deklarasi Variabel dengan cara Eksplisit di VB"

Post a Comment