Cara Menentukan Peringkat Dengan Fungsi RANK Di Excel

Cara Menentukan Peringkat  Dengan Fungsi RANK Di Excel.  Apabila anda seorang pengajar atau guru pastinya anda memiliki daftar nilai untuk siswa atau murid. Jika membuatnya menggunakan Microsoft Excel anda tidak perlu lagi repot-repot menentukan peringkat dengan cara melihat satu persatu nilai rata-ratanya. Dibawah ini adalah contoh dimana dalam menetukan peringkat atau rangking cukup hanya dengan menggunakan rumus RANK maka perangkingan akan ditentukan secara otomatis.

Sebagai Contoh Sampul Ilmu membuat tabel daftar nilai Siswa yang terdiri dari nama siswa, nilai rata-rata dan peringkat. Dimana sampul ilmu akan menentukan peringkat setiap siswa berdasarkan nilai rata-rata. Dalam proses kali ini sampul ilmu menggunakan fungsi RANK. Fungsi ini adalah untuk menentukan Peringkat Atau Ranking. Anda Juga Dapat mencoba Dengan Fungsi RANK.AVG Dan RANK.EQ yang dapat dikatakan kegunaannya sama seperti menggunakan Fungsi RANK.

Bentuk Penulisan RumusNya Adalah
RANK (number,ref,[order])
RANK.AVG(number,ref,[order])
RANK.EQ(number,ref,[order])

Berdasarkan Penjelasan Diatas Maka sampul ilmu menjelaskan Cara Menentukan Peringkat  Dengan Fungsi RANK Di Excel. Dibawah ini adalah langkah-langkahnya :
Langkah Pertama Buatlah Tabel seperti pada gambar dibawah ini

Cara Menentukan Peringkat  Dengan Fungsi RANK Di Excel

Setelah selesai membuat tabel masukan rumus Rank Pada Kolom Peringkat seperti berikut :
  1. Clik Pada Cell C3 Dan 
  2. Masukan Rumus =RANK(B3;B3;B7;0) 
  3. Blok antara B3;B7 kemudian tekan F4 pada Keyboard maka akan menjadi seperti $B$3;$B$7 agar nilai tersebut menjadi Absolut atau tidak dapat berubah pada saat dicopy nantinya. 
Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.

Cara Menentukan Peringkat  Dengan Fungsi RANK Di Excel

Untuk Membuat nilai Absolut anda dapat membaca Cara Menggunakan Fungsi Absolut Pada Microsoft Excel.

Setelah Selesai membuat/mengetikan rumus copy atau drag cell mulai dari cell C3 sampai Dengan C7 maka Hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.
Cara Menentukan Peringkat  Dengan Fungsi RANK Di Excel

Semoga Cara Menentukan Peringkat  Dengan Fungsi RANK Di Excel. Dapat bermanfaat dan dijadikan sebagai bahan pembelajaran terima kasih.

1 Response to "Cara Menentukan Peringkat Dengan Fungsi RANK Di Excel"

  1. membuat ranking excel mudah ya
    artikel nya sangat bermanfaat
    terima kasih

    ReplyDelete