Fungsi Category Format Cells Di Ms.Excel

Fungsi Category Format Cells Di Ms.Excel. dalam bekerja di msexcel Format Cells tentunya sangat dibutuhkan apalagi kalau berhubungan dengan angka dan tabel. Apa yang dimaksud dengan Format Cells. Format Cells adalah salah satu kotak dialog yang menangani masalah pengaturan terhadap properti dalam suatu cell. Yang terdiri dari beberapa tab antara lain Number, Alignment, Font, Border, Fill dan Protection.

Sebagai Contoh Anda ingin menetukan format Text, Angka, Jam Dan Tanggal pada salah satu cells. Dimana Bentuk Penulisan Angka dengan Bentuk Desimal, menyatakan nilai mata uang,  membuat format tanggal, dapat juga membuat format Text dan lain-lain. 

Dari penjelasan diatas maka sampul ilmu menjelaskan tentang Fungsi Category Format Cells Di Ms.Excel.  Berikut adalah Beberapa Kategory Yang terdapat didalam Format Cells pada tab Number.

Fungsi Category Format Cells Di Ms.Excel
Gambar Format Cells

General
Pada format General yang merupakan format default ini, Excel menampilkan angka setepat mungkin. Jika terlalu besar atau kecil, Excel akan menampilkannya dalam format Scientific, contohnya: 1234567866768797080 akan ditampilkan sebagai 1,23457E+18 yang berarti 1,23457 * 10 Pangkat 18. Jika kolom kurang lebar untuk menampilkan angka dengan suatu format, Excel akan menampilkannya sebagai ########. Lebarkanlah kolom tersebut supaya angka tampil secara keseluruhan.

Number
Hal-hal yang dapat diatur pada format number adalah:

  1. Pada kotak Decimal Places, dapat ditentukan jumlah angka desimal. Misal: kita berikan nilai 2 pada Decimal Places, maka jika kita ketikkan 24,555578, akan tampil nilai 24,56. 
  2. Jika pada bagian Use 1000 Separator (,) diberi tanda (diaktifkan), maka jika kita ketik angka 126788 akan tampil 12,68. Pada keadaan aslinya, Excel menggunakan koma sebagai pemisah ribuan dan titik
  3. Kotak daftar Negative Numbers dapat ditentukan jika bilangan negatif ditampilkan. Misal, jika bilangan negatif ditampilkan dengan tanda minus atau di dalam kurung atau dengan warna merah.
Currency
Format ini digunakan untuk menyatakan nilai mata uang. Melalui kotak Decimal Places, dapat ditentukan jumlah angka desimal dan melalui kotak Symbol dapat ditentukan lambang mata uang. Lambang default mata uang yang digunakan Excel adalah $. Anda dapat merubahnya sesuai dengan jenis mata uang Negara anda.

Accounting
Format ini seperti format Currency, hanya lambang mata uang diluruskan ke tepi kiri kolom (tidak menempel pada angka). Dalam Artian Lambang mata uang akan terpisah dengan angka.

Date
Melalui format ini, kita dapat memilih berbagai bentuk tampilan tanggal. Untuk mengubah format tanggal, tentukan format tanggalnya di bagian Type.

Time
Format ini menentukan tampilan waktu. Untuk mengubah format waktu, tentukan tipe waktunya di bagian Type.

Percentage
Format ini untuk menyatakan bilangan dalam persen. 

Fraction
Bilangan yang tidak bulat ditampilkan sebagai pecahan. Misal 0.4 ditampilkan sebagai 2/5. Nilai 1,2345 ditampilkan sebagai 11/4.

Scientific
Format ini digunakan untuk menampilkan bilangan yang sangat besar atau sangat kecil dalam eksponen. 

Text
Angka dan rumus akan diperlakukan seperti teks dan ditampilkan sebagaimana yang kita ketikkan.

Special
Format ini merupakan format khusus seperti Zip Code (kode pos di Amerika Serikat) dan Phone Number. Jika kita memlih Phone Number, maka tujuh digit terakhir dianggap nomor telepon dan digit di depannya sebagai kode area. Misal: 40132133999 ditampilkan sebagai nomor telepon (4013) 213-3999

Custom
Kita dapat memilih format yang telah tersedia di kotak daftar Type atau membuat format sendiri dengan menuliskan bentuk format di kotak teks Type. Format ini menentukan cara bilangan positif, negatif, nol atau data teks ditampilkan.

Mudah-mudahan Penjelasan tentang Fungsi Category Format Cells Di Ms.Excel diatas dapat memberikan manfaat dan dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran terima kasih.

0 Response to "Fungsi Category Format Cells Di Ms.Excel"

Post a Comment