Cara Mudah Menginput Data Di MSEXCEL

Cara Mudah Menginput Data Di MSEXCEL. Buat anda yang ingin belajar tentang Ms. Excel hal yang paling penting dilakukan adalah menginput data pada CELL untuk memasukkan data terdapat dua macam data yang dapat dimasukkan ke setiap sel, yaitu. Nilai tetap, seperti teks, angka, tanggal, dan waktu. Cara memasukkan datanya adalah langsung diketik di sel yang diinginkan. Dan Formula (rumus) yang digunakan untuk melakukan perhitungan atau operasi lainnya. Cara memasukkan datanya adalah harus diawali dengan sama dengan “=”, “+” atau “-“.

Data teks pada ms.excel dapat mengandung karakter abjad (A, a, B, b, C, c, D, d,...), angka (1, 2, 3, 4, 5...), simbol (!, @, #, $, %, ?,...) dan spasi. Data angka dapat berlaku sebagai teks jika diawali dengan apostrop (‘). Contohnya nomor telepon 08214978798. Ditulis dengan ‘08214978798 Jika data angka berlaku sebagai teks maka tidak dapat dilakukan operasi Aritmatika / Perhitungan. Perbedaan antara data teks dan data angka adalah tulisan data teks adalah rata kiri, sedangkan tulisan data angka adalah rata kanan.
Cara Mudah Menginput Data Di MSEXCEL

Berikut adalah Data angka yang dapat dimasukkan:

Bilangan bulat, misalnya 456.

Bilangan pecahan desimal, misalnya 43.89. Secara default, simbol desimal harus titik, bukan koma. Simbol desimal dengan titik ini merupakan format bahasa jika kita menggunakan Bahasa Inggris, tetapi kalo format bahasa di komputer kita Bahasa Indonesia, maka simbol desimal adalah koma. Perubahan format bahasa bisa dilakukan melalui Start _ Control Panel _ Regional and Language Options. Pilih format di bagian combo box.

Bilangan pecahan bulat, misalnya 3 1/5. Cara pengetikannya adalah ketik bilangan bulatnya, lalu tekan spasi, kemudian ketik bilangan pecahannya. Jika angka itu hanya mengandung pecahan dan tidak ada bilangan bulatnya, misal 1/2, ketiklah 0, lalu spasi, dan kemudian ketik 1/2 (jadi 0 1/2). Jika langsung diketikkan 1/2, maka Excel menafsirkan sebagai tanggal 1 Februari.

Cara Mudah Menginput Data Di MSEXCEL

Bilangan dengan notasi ilmiah, misalnya 7.89E+2 (E+2 berarti 10 Pangkat 2)

Bilangan negatif diawali dengan lambang minus, misalnya -123 atau ditulis di antara kurung (123).

Bentuk operator aritmatika dalam proses perhitungan dimulai dari ^, *, +, -. Akan tetapi jika perhitungan di dalam tanda kurung (...), maka Excel akan mendahulukannya. Data tipe tanggal dan waktu dapat diketikkan dengan tampilan format yang beragam. Ketika memasukkan suatu tanggal dengan format misalkan 4-5-10, maka Excel akan mengubah menjadi 4/5/2010 atau 4-Mei-10 atau format lain sesuai dengan format yang dipilih.Pemasukkan data di suatu sel dapat diakhiri dengan menekan Enter atau tombol panah atau tombol PageUp dan PageDown.

Semoga Cara Mudah Menginput Data Di MSEXCEL Dapat Bermanfaat dan dijadikan sebagai bahan pembelajaran terima kasih.

1 Response to "Cara Mudah Menginput Data Di MSEXCEL"