Tips agar baterai HP / Smartphone awet dan tahan lama

Tips agar baterai HP / Smartphone awet dan tahan lama. Pernah kah anda mendengar atau mengalami kejadian diamana HP / Smartphone anda meledak atau terbakar, masalah tersebut disebabkan oleh faktor baterai. Baterai HP / Smartphone mengandung resiko yang cukup berbahaya. apabila digunakan tidak sesuai dengan aturan atau prosedur, maka baterai dapat mengembang dan mungkin akan meledak dan terbakar.

Apa Itu Baterai….? Baterai adalah alat listrik-kimiawi yang menyimpan energi dan mengeluarkan tenaganya dalam bentuk listrik. Sebuah baterai biasanya terdiri dari tiga komponen penting, yaitu: batang karbon sebagai anode (kutub positif baterai). seng (Zn) sebagai katode (kutub negatif baterai) dan pasta sebagai elektrolit (penghantar). Dikutip dari Wikipedia.org.

Untuk menjaga umur baterai HP / Smartphone agar tahan lama tidaklah sulit jika anda mau melakukannya. Berikuti ini adalah beberapa Tips agar baterai HP / Smartphone awet dan tahan lama antara lain :

Tips agar baterai HP / Smartphone awet dan tahan lama
Tips agar baterai HP / Smartphone awet dan tahan lama
  1. Banyak yang mengatakan agar baterai smartphone sebaiknya dibiarkan habis terlebih dahulu sebelum di-charge kembali. Hal itu memang benar, tetapi itu hanya untuk baterai dengan bahan nikel, yang saat ini sudah mulai ditinggalkan, sehingga saran di atas sudah tidak relevan. Smartphone-smartphone modern saat ini sudah menggunakan baterai berbahan litium-ion, yang cara perawatannya pun juga berbeda dari baterai bahan nikel. Baterai smartphone sebaiknya dijaga agar daya yang disimpan di dalamnya tetap di atas 50 persen atau minimal 20 persen. Meski begitu, sesekali daya baterai juga perlu "dikuras" hingga habis, misalnya sekali dalam sebulan untuk keperluan kalibrasi.dikutip oleh tekno.kompas.com
  2. Mengisi baterrai HP / Smartphone anda sebelum habis. Jika anda mengisi baterai sebelum baterai tersebut benar-benar habis maka anda dapat memperpanjang umur baterai anda sehingga awet dan tahan lama.
  3. Jagan terlalu lama mengisi baterai. inilah yang paling sering dilakukan orang pada saat mengisi baterai HP / Smartphone saat malam atau waktu tidur sehingga lupa jika baterai yang diisi tersebut sudah 100% dan kemudian melepaskannya pada pagi hari setelah bangun tidur. Ini akan mempengaruhi umur baterai HP / Smartphone anda.
  4. Seperti Penjelasan kedua dua diatas anda dapat mengosongkan baterai anda kira-kira 1-2 kali dalam sebulan kemudian mengisinya mulai dari 0% samapai dengan 100% agar baterai anda tetap prima dan tahan lama.
  5. Simpan HP / Smartphone anda di tempat yang sejuk dan kering. Jagan sekali-kali anda menyimpannya di tempat yang panas atau terkena sinar matahari dalam waktu yang lama.
  6. Gunakan charger dan kabel yang original, ketidak sesuaian tegangan pada HP / Smartphone anda dengan. Charger yang anda gunakan akan berakibat kerusakan.

Semoga Tips agar baterai HP / Smartphone awet dan tahan lama dapat bermanfaat 

Post a Comment for "Tips agar baterai HP / Smartphone awet dan tahan lama"