Cara Mudah Menggunakan ComboBox Di VB

Cara Mudah Menggunakan ComboBox Di VB. ComboBox merupakan kontrol yang akan memberikan pilihan kepada pengguna program namun hanya ada satu pilihan yang akan ditampilkan, untuk menampilkan pilihan lainnya. Pengguna program harus mengklick tombol drop down yang terdapat pada ComboBox 

Combo Box merupakan kombinasi dari text box dan list box dimana dalam memilih data dapat dilakukan dengan mengetikan data maupun memilih data. Dalam Combo Box User dapat dengan mudah mengisi nilai atau item yang baru dan dapat memasukan item kedalam ComboBox Melaui Jendela Properties Maupun Kode Program.

Pada Kesempatan Kali ini sampul ilmu menjelaskan tentang Cara Mudah Menggunakan ComboBox Di VB. Sebagai contoh sampul ilmu memasukan kategori Buah-Buahan yang antara lain Apel, Anggur, Jeruk, Nenas dan Semangka Kedalam Kontrol ComboBox.

Berikut ini adalah contoh pengunaan Kontrol ComboBox. 
Buka Aplikasi Visual Basic Anda Kemudian Masukan Sebuah Kontrol ComboBox Pada Form Dan Ubah Name Combo1 Menjadi ComBuah. Seperti Pada Gambar Dibawah Ini.
Cara Mudah Menggunakan ComboBox Di VB

Memasukan Nama Buah Kedalam ComBuah (ComboBox) Mengunakan Jendela Properties
Caranya Aktifkan Combuah (ComboBox) kemudian di Jendela Properties Ubah Text Menjadi Pilih Buah. Kemudian Pada List Masukan Nama Buah Seperti , Apel,  Anggur, Jeruk, Nenas Dan Semangka, Proses Memasukan Item Tersebut Lakukan Dengan Cara Tekan Tombol CTRL + Enter Setiap Satu Nama Buah Untuk Melanjutkan Memasukan Nama Buah Yang Berikutnya. 

Memasukan Nama Buah Kedalam ComBuah (ComboBox)  Mengunakan Kode Program
Dalam Proses ini anda akan memasukan Nama-nama Buah Kedalam ComboBox Dengan Mengetikan Kode Program Pada Jendela Code. Caranya Clik Double Pada Form/Halaman Kerja sehingga Jendela Kode Akan Tampil kemudian Ketikan Kode Dibawah ini tepat dibawah Private Sub Form_Load().

Private Sub Form_Load()
ComBuah.AddItem "Apel"
ComBuah.AddItem "Anggur"
ComBuah.AddItem "Jeruk"
ComBuah.AddItem "Nenas"
ComBuah.AddItem "Semangka"
End Sub

Contoh

Untuk Mengubah Bentuk DropDown Agar Tidak Dapat Diketikan Secara Manual Caranya Aktifkan Combuah (ComboBox) kemudain Pada Jendela Properties Ubah Style Menjadi 2-Dorpdown List.

Semoga Cara Mudah Menggunakan ComboBox Di VB Dapat Bermanfaat Sebagai Bahan Pembelajaran Bagi Pemula Terima Kasih.

1 Response to "Cara Mudah Menggunakan ComboBox Di VB"

  1. gan klo combobox biar bisa tersimpan ke database mysql itu gmn gan

    ReplyDelete