Tutorial Dasar Rumus Aritmatika Di Ms. Excel

Tutorial Dasar Rumus Aritmatika Di Ms. Excel. Aritmatika sebagai Fungsi atau rumus yang digunakan untuk melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian dan perpangkatan atau operator yg digunakan untuk melakukan perhitungan pada bilangan. 

Anda dapat memasukkan rumus yang berupa instruksi matematika ke dalam suatu sel pada lembar kerja. Sedangkan Rumus pada Microsoft excel merupakan instruksi yang dimasukkan ke suatu sel pada lembar kerja. dan akan membawa instruksi untuk melakukan proses khususnya perhitungan aritmatika tertentu. Dari penjelasan diatas  maka kali ini sampul ilmu menjelaskan Tutorial Dasar Rumus Aritmatika Di Ms. Excel.

Tutorial Dasar Rumus Aritmatika Di Ms. Excel Berikut ini menampilkan tabel yang berisi jenis-jenis operator aritmatika yang dapat digunakan pada Microsoft Excel

Tutorial Dasar Rumus Aritmatika Di Ms. Excel
Gambar Tabel Jenis-Jenis Operator Aritmatika

Menulis Rumus selalu diawali dengan tanda sama dengan (=) sebagai contoh
=A1+B1

Dibawah ini adalah contoh penerapan rumus aritmatika di Microsoft excel
Buatlah Tabel Seperti Gambar Dibawah Kemudian Masukan Rumus Fungsi Aritmatika seperti penjumlahan, Pengurangan, Perkalian, Pembagian Dan Perpangkatan

Gambar Contoh Penulisan Aritmatika Di Ms. Excel

Keterangan Gambar
Penjumlahan
3 + 5 = 8 bentuk penulisan rumus =B2 + C2 
5 + 3 = 8 bentuk penulisan rumus =B3 + C3 
Pengurangan
8 - 4 = 4 bentuk penulisan rumus =B4 – C4 
4 - 8 = -4 bentuk penulisan rumus =B5 – C5 
Perkalian
8 x 2 = 16 bentuk penulisan rumus =B6 * C6 
2 x 6 = 16 bentuk penulisan rumus =B7 * C7 
Pembagian
10 : 2 = 5 bentuk penulisan rumus =B8 / C8 
2 : 10 = 0.2 bentuk penulisan rumus =B9 / C9
Perpangkatan
62 = 36 bentuk penulisan rumus =B10 ^ C10 
26 = 64 bentuk penulisan rumus =B11 ^ C11 


Contoh Aritmatika Perpangkatan

Buatlah Rumus Fungsi Aritmatika Perpangkatan Seperti Contoh Dibawah ini

-3 ^ 2

Dari  jawaban yang ditampilkan dalam cell Microsoft Excel adalah salah yaitu 9 padahal seharusnya -9. Kesalahan hasil perhitungan pada ekpresi matematika -3 ^ 2 yang terjadi pada progam Excel terjadi karena ekspresi matematika tersebut dieksekusi sebagai (-3)^2 yaitu operator minus dieksekusi terlebih dahulu baru kemudian operator pemangkatan. Dalam hal ini operator minus dianggap sebagai operator negasi.

Rumus Alternatif Yang digunakan adalah, menggunakan tanda kurung ( ) secara eksplisit untuk menyatakan tingkatan operasi atau dengan menggunakan angka -1 (min satu),  seperti contoh gambar dibawah ini :

Gambar Contoh Penulisan Aritmatika Perpangkatan

Dari penjelasan diatas terlihat bahwa operator – (Minus), baik di dalam program Microsoft Excel, mempunyai dua fungsi yaitu sebagai operator pengurangan dan operator negasi. Kesalahan hasil perhitungan pada kedua program spreadsheet tersebut adalah disebabkan oleh makna ganda yang terdapat pada operator – (Minus).

Semoga Tutorial Dasar Rumus Aritmatika Di Ms. Excel Dapat memberikan pengetahuan yang bermanfaat untuk pemula dalam belajar rumus aritmatika di Ms. Excel. Terima kasih

0 Response to "Tutorial Dasar Rumus Aritmatika Di Ms. Excel"

Post a Comment