Contoh Format Penulisan Skripsi

Contoh Format Penulisan Skripsi. Skripsi merupakan salah satu tugas utama dalam proses belajar mahasiswa, walaupun bukan sebagai tugas akhir melainkansalah satu penentu kelulusan mahasiswa. 

Contoh Format Penulisan Skripsi ini mahasiswa diharapkan dapat menerapkan seluruh kemampuan akademik yang dimilikinya. Sebagai suatu karya ilmiah, skripsi harus disusun melalui kajian yang mendalam dan obyektif dengan menggunakan metode ilmiah yang sesuai. 

Selain itu Penulisan Skripsi harus ditulis sesuai dengan kaidah penulisan yang baku dan tentunya merupakan representasi karya ilmiah sehingga skripsi tersebut memiliki ciri tertentu yang dengan mudah dapat dikenali 

Contoh Format Dan Kerangka Penulisan Skripsi
Contoh Format Penulisan Skripsi

Kerangka Acuan Pembuatan Skripsi


Bagian Awal Skripsi

Berikut ini adalah kerangka acuan pembuatan skripsi yang harus anda ketahui.
  1. Sampul / Cover , Adalah Halaman yang berisi: Judul, Tujuan Penulisan, Nama Mahasiswa, Nomor Induk Mahasiswa, Logo Universitas, Nama Fakultas, dan tahun selesai disusunnya skripsi.
  2. Halaman judul adalah halaman yang hampir mirip dengan halaman sampul. Hanya yang membedakan adalah pada Logo tidak perlu masukan. 
  3. Halaman Persetujuan adalah halaman yang Berisi tanggal dan tanda tangan Pembimbing Skripsi serta Ketua Bagian, sebagai tanda persetujuan bahwa skripsi tersebut telah disetujui untuk diuji oleh Tim Penguji yang telah ditunjuk oleh Dekan. 
  4. Halaman Pengesahan Halaman ini harus tercantum dalam skripsi yang telah dijilid dalam bentuk hard cover, dan berisi identitas mahasiswa (Nama, NIM, PK), Judul skripsi, hari/tanggal sidang skripsi, tanda tangan Ketua dan Anggota Tim Penguji (sebagai tanda skripsi tersebut telah lulus diuji dan tidak memerlukan revisi lagi) serta tanda tangan Dekan. Halaman ini harus dicantumkan pada skripsi yang telah diuji oleh Tim Penguji.
  5. Halaman Moto Dan Persembahan. Pada halaman ini Motto berisi kutipan kitab suci, kata-kata bijak, puisi atau bentuk lain yang bersifat renungan, yang dapat membangkitkan semangat, atau ungkapan penulis. Motto ditulis pada sudut kiri atas. Sedangkan persembahan adalah Tulisan Penulis yang ditujukan kepada orang-orang yang dicintai serta orang yang telah setia membantu proses penelitian yang dilakukan. 
  6. Halaman Kata pengantar adalah berisi ungkapan Penulis tentang rasa syukur, tujuan penulisan, serta ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang oleh Penulis dirasakan membantu hingga selesai disusunnya skripsi tersebut. Kata Pengantar dibuat secara singkat dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan tepat, maksimal 2 (dua) halaman.
  7. Halaman Daftar Isi Berisi sistematika skripsi serta penunjukkan halaman. Daftar isi dimaksudkan untuk memberikan gambaran menyeluruh tentang isi skripsi. Penulisan bab dan sub bab, diatur sehingga judul dimulai pada titik urut yang sama. Sebelah kanan atas ditulis kata “Halaman”. Angka-angka petunjuk halaman ditempatkan sedemikian rupa sehingga membentuk garis lurus vertikal sejajar dengan huruf ”n” dari kata halaman. Untuk caranya anda silahkan baca Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Ms Word
  8. Halaman Abstrak adalah Merupakan sari dari skripsi yang menampilkan sebanyak mungkin data kualitatif dan kuantitatif sehingga pembaca tidak perlu lagi membaca dokumen aslinya, kecuali jika ingin mendalaminya. Isi abstrak meliputi latar belakang, permasalahan, metode penelitian, pembahasan dan kesimpulan. Abstrak ditempatkan di bagian awal setelah daftar isi sebelum Bagian Isi dengan ketentuan maksimal 300 (tiga ratus) kata atau maksimal satu halaman secara keseluruhan. 

Bagian Isi Skripsi

Bagian isi skripsi merupakan bagian utama dari skripsi yang terdiri dari: 

Bab Pendahuluan 
Bab Pendahuluan adalah halaman yang berisi uraian mengenai latar belakang masalah, permasalahan, tujuan penulisan, metode penelitian, kerangka teori/kerangka konsep/tinjauan pustaka, dan sistematika penulisan. 

Bab Kajian Pustaka
Bab Kajian Pustaka adalah merupakan uraian hasil kajian pustaka (penelusuran literatur) yang telah dilakukan. Sumber-sumber hukum baik tertulis maupun tidak tertulis yang relevan dengan permasalahan penelitian dan disajikan selengkap mungkin dalam bab ini.

Bab Hasil Kajian Empiris
Bab Hasil Kajian Empiris (Jika Ada) Jika bab hasil kajian pustaka merupakan uraian hasil penelitian kepustakaan (library research), maka bab ini berisi uraian dari data yang diperoleh dari penelitian di lapangan atau empiris (field research). Untuk berisi Hasil survey (wawancara, pengamatan, kuesioner) dapat dikemukakan dalam bab ini. Namun dokumen-dokumen hukum (seperti perjanjian, peraturan, perijinan, company profile, dan monograf) suatu institusi bukan merupakan hasil kajian empiris, meskipun data tersebut diperoleh dengan mendatangi secara langsung institusi tersebut. Karena kegiatan tersebut masih merupakan kegiatan pengumpulan dokumen (hasil kajian pustaka)

Bab Pengolahan Dan Analisis Data
Bab Pengolahan Dan Analisis adalah Data Data yang telah terkumpul dan disajikan dalam bab hasil kajian pustaka maupun bab hasil kajian empiris, kemudian diolah dan dianalisis pada bab ini. Pengolahan data dapat dilakukan melalui dua cara: 
  1. Metode kualitatif, yaitu analisis data dengan lebih menekankan pada kualitas atau isi dari data tersebut. Misalnya untuk penelitian yang obyeknya norma, maka teknik interpretasi dari isi norma tersebut adalah teknik yang paling sesuai untuk menjawab permasalahan. Sedangkan untuk penelitian yang obyeknya masyarakat, maka interpretasi terhadap hasil wawancara yang lebih mengutamakan isi wawancara dibandingkan frekuensinya akan lebih tepat menggunakan analisis secara kualitatif. 
  2. Metode kuantitatif, yaitu analisis data yang mengutamakan kuantitas dari data tersebut. Misalnya penelitian yang bertujuan untuk mengetahui frekuensi peristiwa, atau untuk mengetahui persepsi dari suatu komunitas, maka jawaban atas permasalahan yang diajukan perlu dilakukan analisis terhadap frekuensi jawaban responden. Dalam analisis kuantitatif pemahaman mengenai statistik sangat diperlukan. 

Bab Penutup / Kesimpulan Dan Saran
Bab Penutup Bab Ini berisi uraian mengenai kesimpulan hasil penelitian dan saran-saran yang diajukan. Kesimpulan dapat diperoleh melalui dua metode penalaran, yakni penalaran deduktif dan penalaran induktif. Kesimpulan merupakan jawaban dari permasalahan yang diajukan pada bab pendahuluan dan merupakan hasil analisis dari bab-bab sebelumnya. Dengan demikian kesimpulan harus relevan dengan judul dan permasalahan. Saran-saran yang diajukan sebagai akibat atau konsekuensi dari kesimpulan yang diambil di atas, diajukan berdasarkan pemikiran yang sehat, jelas dan secara tegas ditujukan kepada siapa. Saran-saran harus mengacu pada kondisi ideal yang seharusnya.

Bagian Akhir Skripsi

Yang harus dimasukkan dalam Bagian Akhir dari suatu Skripsi adalah: 
  1. Daftar Pustaka;  Yang dimaksud dengan daftar pustaka (Bibliografi) adalah sebuah daftar yang berisi judul buku-buku, artikel-artikel, dan bahan-bahan penerbitan lainnya, yang mempunyai pertalian dengan sebuah karangan atau sebagian dari karangan yang sedang dikerjakan. 
  2. Daftar Riwayat Hidup (curriculum vitae) penulis;  Adalah biodata/ identitas penulis
  3. Lampiran-lampiran (jika ada). Lampiran yang dimasukkan adalah yang relevan dengan masalah yang diteliti yang tidak mudah diperoleh oleh setiap orang, seperti peraturan perundang-undangan, dokumen-dokumen hukum suatu instansi, Keputusan pejabat administratif, dll. 
  4. Surat keterangan adalah keterangan telah melakukan penelitian dari instansi terkait; Surat ini berisikan keterangan bahwa penulis telah melakukan penelitian di instansi tersebut berkaitan dengan materi yang diperlukan untuk penulisan skripsinya; 
  5. Surat pernyataan keaslian skripsi. Surat ini dibuat dan ditandatangani oleh penulis di atas materai Rp. 6.000,- (enam ribu rupiah) yang menerangkan bahwa skripsi tersebut benar-benar dibuat sendiri oleh penulis (bukan menjiplak karya tulis orang lain secara menyeluruh/plagiat). 
  6. Surat pernyataan persetujuan publikasi karya ilmiah. Surat ini dibuat dan ditandatangani oleh penulis diatas materai Rp. 6.000,- (enam ribu rupiah) yang menyetujui untuk memberikan kepada Universitas Hak Bebas Royalti Non eksklusif atas karya penulis.

0 Response to "Contoh Format Penulisan Skripsi"

Post a Comment