Ciri Dan Bentuk Diferensiasi Sosial

Ciri Dan Bentuk Diferensiasi Sosial  sesuatu yang tidak memandang berdasarkan tingkatan tinggi atau rendahnya suatu kelas sosial di masyarakat adalah Ciri dasar Diferensiasi Sosial. 

Proses Adanya Ketidaksamaan setiap warga dapat terjadi karena adanya kesengajaan atau juga disebabkan karena dibuat oleh masyarakat itu sendiri, proses ini biasa juga terjadi secara alamiah. Ketidaksamaan yang bersifat horizontal, tidak mengandung pembedaan status dan peranan yang bertingkat, sedangkan ketidaksamaan sosial yang bersifat vertikal mengandung pengertian pembedaan warga masyarakat berdasarkan pembedaan jenjang atau tingkatan status dan peran yang menyangkut perbedaan hak dan kewajiban.

Ciri  Diferensiasi Sosial
  1. Ciri Sosial   adanya perbedaan pekerjaan / aktivitas yang menimbulkan pemikiran dan tingkah laku dalam masyarakat. seperti organisasi yang membatasi anggotanya hanya pada tingkat tertentu sesuai dengan tugas dan tingkah lakunya. Perbedaan ini berhubungan dengan status dan tugas seseorang dalam kehidupan sehari-hari. Dimana adanya perbedaan mata pencaharian, prestise dan kekuasaan. Yang berpengaruh terhadap tinggi rendahnya penghasilan seseorang 
  2. Ciri fisik adanya perbedaan yang didasari lahirnya pembagian ras, seperti bentuk kepala, bentuk badan, warna kulit, warna rambut dan warna mata. Ciri Perbedaan ini tentunya sangat jelas
  3. Ciri Budaya adanya nilai-nilai yang dianutnya oleh masyarakat, seperti religi atau kepercayaan, sistem kekeluargaan, dan ketangguhan. yang dapat dilihat dari faktor agama , kesenian, bahasa, , arsitektur, pakaian adat, , dll. 

Ciri Dan Bentuk Diferensiasi Sosial
Gambar Ciri Dan Bentuk Diferensiasi Sosial

Bentuk diferensiasi sosial
  1. Ras adalah setiap manusia pasti memiliki perbedaan fisik seperti mata, warna kulit, bentuk hidung, bentuk rambut, dll.
  2. Etnis atau Suku bangsa adalah merupakan asal-usul dan kebudayaan dari setiap manusia berdasarkan daerah itu sendiri.
  3. Klan adalah suatu hubungan keluarga / kekerabatan yang terdapat dalam sekelompok masyarakat dengan meliat garis keturunan.
  4. Agama atau kepercayaan dan berhubungan dengan hal yang suci dan mempersatukan semua manusia yang mempercayainya ke dalam suatu komunitas moral dan menjadikan suatu keyakinan yang kuat.  
  5. Gender atau jenis kelamin adalah Diferensiasi Sosial yang dengan jelas membedakan tugas dan tanggung jawab antara seorang laki-laki dan perempuan

Semoga  Ciri Dan Bentuk Diferensiasi Sosial  ini dapat memberikan pengetahuan tentang cirri-ciri utama dari Diferensiasi Sosial  dan bentuk-bentuk Diferensiasi Sosial 

0 Response to "Ciri Dan Bentuk Diferensiasi Sosial"

Post a Comment