Cara Membuat Database phpMyAdmin

Sampul Ilmu- Cara Membuat Database phpMyAdmin. phpMyAdmin adalah perangkat lunak bebas yang ditulis dalam bahasa pemrograman PHP yang digunakan untuk menangani administrasi MySQL melalui Jejaring Jagat Jembar (World Wide Web). phpMyAdmin mendukung berbagai operasi MySQL, diantaranya (mengelola basis data, tabel-tabel, bidang (fields), relasi (relations), indeks, pengguna (users), perijinan (permissions), dan lain-lain). Dengan phpMyAdmin, seseorang dapat dengan mudah membuat database, membuat tabel, mengisi data, dan lain-lain.

Proses Cara membuat Database phpMyAdmin kali ini Sampul ilmu mengunakan XAMPP  yang berfungsi sebagai server yang berdiri sendiri (localhost), yang terdiri atas program Apache HTTP Server, MySQL database, dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl.  Beberapa bagian XAMMP yang sering digunakan adalah. htdoc adalah folder tempat meletakkan berkas-berkas yang akan dijalankan, seperti berkas PHP, HTML dan skrip lain. phpmyadmin merupakan bagian untuk mengelola basis data MySQL yang ada dikomputer.

Contoh Cara Membuat Database phpMyAdmin
Dibawah ini adalah langkah-langkah pembuatannya
Pastikan Bahwa Aplikasi XAMMP Pada Komputer anda Sudah Terinstal, Pastikan Juga bahwa Web Browser Seperti Mozila Dan Google Chrome Dll Sudah Terinstal Di Komputer anda. Buka Web Browser anda kemudian ketikan URL Localhost setelah itu enter Maka Akan muncul tampilan halaman XAMMP. Clik phpMyAdmin yang terdapat pada menu sebelah kiri seperti pada gambar1 dibawah ini

Proses Membuat Database phpMyAdmin Dengan Mudah
Gambar1 Cara Membuat Database Di phpMyAdmin

Pada Halaman phpMyAdmin tepatnya di Create New DataBase Ketikan Nama DataBase Anda Sebagai Contoh Sampul Ilmu Mengunakan “db_mhs”  Kemudian Clik Create Untuk Membuat database.
Proses Membuat Database phpMyAdmin Dengan Mudah
Gambar2 Cara Membuat Database Di phpMyAdmin

Keterangan 
Anda Juga dapat memilih jenis Bahasa Yang diguanakan caranya Clik Pada Language kemudian pilih bahasa/Negara. Jika sudah Maka Sistem Akan memberitahuakan bahwa Database telah berhasil dibuat untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.

Proses Membuat Database phpMyAdmin Dengan Mudah
Gambar3 Cara Membuat Database Di phpMyAdmin

Keterangan
  1. db_mhs adalah nama DataBase yang telah anda buat sebelumnya
  2. DataBase telah berhasil dibuat
  3. Kode Sql yang untuk membuat database db_mhs


Langkah selanjutnya membuat tabel dalam database. Untuk caranya anda dapat membaca Cara Membuat Tabel Di phpMyadmin

Semoga Cara Membuat Database phpMyAdmin, dapat menjelaskan kepada anda tentang cara mudah membuat database mengunakan phpMyAdmin. Dan dapat berguna sebagai pedoman pembelajaran. Terima kasih semoga sukses..

1 Response to "Cara Membuat Database phpMyAdmin"

  1. keren gan infonya, kunjung kunjung yuk ke http://inovapos.com disini tempat nya software kasir termurah lohh, yuk merapat yang mau bikin minimarket :)

    ReplyDelete