Rumus Cara Membuat Tanggal Jatuh Tempo Dengan Fungsi EOMONTH Diexcel

Sampul Ilmu~ Rumus EOMONTH Pada Postingan Kali ini adalah untuk menampilkan  tanggal jatuh tempo yang jatuh pada hari terakhir bulan tersebut sesuai tanggal awal dan jumlah bulan yang telah ditentukan.

Pada Postingan Kali ini Sampul ilmu Menjelaskan Tentang Rumus Cara Membuat Tanggal Jatuh Tempo Dengan Fungsi EOMONTH Diexcel. Contoh pada saat anda menentukan Tanggal Awal / Mulai kemudian Waktu Yang Diperlukan Untuk menentukan tanggal Akhir/Selesai adalah 1 (Satu) Bulan Maka Akan Mendapatkan Hasil Tanggal Terakhir Pada Bulan Berikutnya. Proses ini tidak Jauh Beda dengan Postingan Sebelumnya yaitu Menentukan Akhir Tanggal Dengan Fungsi EDATE Di Ms. Excel. Hanya Saja Proses ini khusus menampilkan tanggal terakhir.

Bentuk Penulisan Rumus EOMONTH

EOMONTH(Tanggal Awal, Bulan)

  1. Tanggal Awal. Tanggal harus dimasukkan dengan menggunakan fungsi DATE, atau sebagai hasil dari rumus atau fungsi lain. Cara Menentukan Format Tanggal Anda Dapat membaca Cara Membuat Format tanggal Dengan Mudah Diexcel. Masalah bisa muncul jika tanggal dimasukkan sebagai teks
  2. Bulan. Jumlah bulan sebelum atau setelah Tanggal Awal. Nilai positif untuk bulan menghasilkan tanggal masa mendatang; nilai negatif menghasilkan tanggal lampau.
CATATAN   Jika bulan bukan bilangan bulat, maka dipotong.

Keterangan

  1. Microsoft Excel menyimpan tanggal sebagai nomor seri berurutan sehingga bisa digunakan dalam perhitungan. Secara default, 1 Januari 1900 adalah nomor seri 1, dan 1 Januari 2008 adalah nomor seri 39448 karena 39.448 hari setelah 1 Januari 1900.
  2. Jika tanggal_mulai bukan tanggal yang valid, EOMONTH akan mengembalikan nilai kesalahan #NUM!.
  3. Jika tanggal_mulai ditambah bulan mengembalikan tanggal yang tidak valid, EOMONTH akan mengembalikan nilai kesalahan #NUM!.

Contoh Penggunaannya:

Buatlah Tabel Hari/Tanggal Awal, Jangka Waktu, Dan Hari/Tanggal Akhir. Untuk Contoh tabel  Anda Dapat membaca Menentukan Tanggal Dengan Fungsi EDATE Di Ms. Excel. 

Ketikan Rumus EOMONTH Pada Kolom Hari/Tanggal Akhir :
Pada Cell C2 Ketikan : = EOMONTH(A2;B2)
Pada Cell C3 Ketikan : = EOMONTH (A3;B3)
Pada Cell C4 Ketikan : = EOMONTH (A3;B3)

Hasilnya :

Gambar Hasil Dari Rumus EOMONTH  
Semoga Rumus Cara Membuat Tanggal Jatuh Tempo Dengan Fungsi EOMONTH Diexcel Dapat Bermanfaat

Referensi :
http://office.microsoft.com/id-id/excel-help/eomonth-fungsi-eomonth-HA102753032.aspx

Post a Comment for "Rumus Cara Membuat Tanggal Jatuh Tempo Dengan Fungsi EOMONTH Diexcel"