Menentukan Tanggal Dengan Fungsi EDATE Di Ms. Excel

Sampul Ilmu~Rumus EDATE adalah rumus untuk menentukan tanggal akhir berdasarkan jumlah bulan. Rumus ini juga berfungsi Mengembalikan nomor seri yang mewakili tanggal yang merupakan nomor indikasi dari bulan sebelum atau setelah tanggal yang ditentukan (start_date). Proses EDATE adalah untuk menghitung tanggal jatuh tempo yang jatuh pada hari yang sama bulan tersebut sebagai tanggal Dimulai atau tanggal Awal.

Pada Postingan Kali ini Sampul ilmu Menjelaskan Tentang Menentukan Tanggal Dengan Fungsi EDATE Di Ms. Excel.  Sebagai contoh Pada Saat menentukan Tanggal awal di mulainya suatu pekerjaan dimana pekerjaan tersebut harus diselesaikan atau jangka waktu Pelaksanaannya adalah 90 (Sembilan Puluh) Hari Kalender Atau 3 Bulan Maka Dengan Menggunakan Rumus Edate Secara Otomatis akan menghasilkan Tanggal akhir Penyelesaian Pekerjaan. Untuk langkah-langkahnya anda dapat mengikuti contoh dibawah ini:

Contoh 1

Buatlah Tabel Pada Ms. Excel Seperti Pada Gambar Dibawah Ini:
Gambar Tabel 1

Bentuk Penulisan Rumus EDATE

=EDATE(Tanggal Mulai, Bulan)

Keterangan Rumus:
  1. Tanggal Mulai. Tanggal yang menyatakan tanggal mulai. Tanggal harus dimasukkan dengan menggunakan fungsi DATE, atau sebagai hasil dari rumus atau fungsi lain Untuk Cara Menentukan Format Tanggal Anda Dapat membaca Cara Membuat Format tanggal Dengan Mudah Diexcel. Masalah bisa muncul jika tanggal dimasukkan sebagai teks.
  2. Bulan. Jumlah bulan sebelum atau setelah start_date. Nilai positif untuk bulan menghasilkan tanggal masa mendatang; nilai negatif menghasilkan tanggal lampau.

Catatan

  1. Microsoft Excel menyimpan tanggal sebagai nomor seri berurutan sehingga bisa digunakan dalam perhitungan. Secara default, 1 Januari 1900 adalah nomor seri 1, dan 1 Januari 2008 adalah nomor seri 39448 karena 39.448 hari setelah 1 Januari 1900.
  2. Jika Tanggal Mulai bukan tanggal yang valid, EDATE akan mengembalikan nilai kesalahan #VALUE!.
  3. Jika bulan bukan bilangan bulat, maka nilai akan dibulatkan.
Ketikan Rumus EDATE Pada Kolom Hari/Tanggal Selesai :
Pada Cell D2 Ketikan : =EDATE(B2;C2)
Pada Cell D3 Ketikan : =EDATE(B3;C3)
Gambar Tabel 2

Keterangan Rumus:

  1. Cell D2 adalah Cell yang berada antara Kolom D dan Baris ke 2
  2. B2 adalah Cell yang berada antara kolom B dan Baris Ke 2
  3. C2 adalah Cell yang berada antara kolom C dan Baris Ke 2

Contoh 2

Pada Conth Kedua dibawah ini adalah proses dimana dalam membuat format tanggal dengan menampilkan nama hari dan tanggal dalam satu cell di ms.excel kemudian menentukan Hari/Tanggal Selesai Bukan dihari Sabtu dan Minggu artinya apabila tanggal selesai tepat pada hari sabtu dan minggu maka tidak akan ditampilkan kecuali hari selain dari hari sabtu dan minggu. Brikut adalah langkah-langkah pembuatannya.

Clik Kanan Pada Cell B2 kemudian clik Format Cell setelah Muncul Halaman Format Cell Pada Tab Number Pilih Category Custom kemudian Pada Type Ketikan dddd, dd mmmm yyyy setelah itu Clik OK seperti pada gambar dibawah ini:
Gambar Tampilan Format Cell
Ketikan Rumus Pada Cell D2
=EDATE(B2;C2)-IF(WEEKDAY(EDATE(B2;C2);2)>5;WEEKDAY(EDATE(B2;C2);2)-5;0)
Keterangan:
Angak 5 adalah jumlah hari Kerja, sabtu dan minggu tidak terhitung.

Hasilnya
Gambar Tabel 3
Semoga Menentukan Tanggal Dengan Fungsi EDATE Di Ms. Excel Dapat Bermanfaat

Referensi :
http://office.microsoft.com/id-id/excel-help/edate-fungsi-edate-HA102753035.aspx

Post a Comment for "Menentukan Tanggal Dengan Fungsi EDATE Di Ms. Excel"