Tips Mengoreksi Diri

Setiap Muslim dianjurkan untuk senantiasa Muhasabah, mengoreksi diri caranya ialah sebagai berikut :

Jujur
Kejujuran adalah pokok persoalan dalam Muhasabah.bagaimana mungkin seorang dapat mengadili dirinya sendiri dengan adil apabila ia seorang pendusta.

Perlunya Orang ketiga 
Sudah menjadi sifat dasar manusia untuk tidak mengakui kesalahannya. Minimal mencari-cari alasan untuk dijadikan kambing hitam agar kesalahan tidak Nampak terlalu besar hal ini menyulitkan untuk mengoreksi diri sendiri. Karna itu perlu pengontrol, perlu orang yang bisa menegur dan menasehati. Satu lagi tentang motivasi. Adanya pengontrol akan membangkitkan motivasi untuk berbuat sesuai dengan harapan. Perasaan diawasi akan membuat terjaga untuk menegakkan program kebaikan, sebaliknya orang yang cenderung menunda-nunda atau mengurangi niat berbuat baik jika tidak ada pengontrol. Kondisi seperti ini wajar, itupula salah satu sebab mengapa manusia perlu hidup berjamaah yaitu agar dapat saling mengontrol dan mengoreksi.

Tertulis 
Segala urusan yang tertulis akan lebih jelas dan mudah diingat ketimbang yang tidak tertulis. Dalam proses koreksi diri seseorang harus dapat menulis sejumlah kegiatan yang diharapkan akan dikerjakan dan sekaligus member tanda apabila tidak dapat dilaksanakan, dengan demikian seseorang dapat melihat secara langsung siapa sesungguhnya dirinya.

Memilih rentang waktu yang tepat
Pilihan kurun waktu pelaksanaan Muhasabah disesuaikan dengan aktivitas yang dapat dikontrol dan dievaluasi. Kegiatan-kegiatan kecil yang yang merupakan rutinitas sehari-hari dapat dijadwalkan dalam Muhasabah harian. Materi yang gaka berat dapat dimasukkan dalam rutinitas mingguan. Ini dilakukan apabila untuk mewujudkan sebuah aktivitas yang memerlukan waktu untuk pembiasaan. Dapat juga memilih materi untuk pribadi yang agak berat, untuk membiasakan diri mengekang emosi yang sering meledak-ledak. Diakhir rantang waktu yang telah dijalankan hasil pengisian lembar Muhasabah setiap harinya dikoreksi untuk memudahkan menentukan langkah selanjutnya.

Semoga Bermanfaat




Post a Comment for "Tips Mengoreksi Diri"