Cara Menentukan Tanggal Akhir Dengan Fungsi WORKDAY di Excel

Sampul Ilmu~ Penggunaan Fungsi ini adalah untuk Menampilkan Tanggal berdasarkan jumlah hari kerja yang dihitung mulai dari tanggal sesudah tanggal mulai. Tetapi Dalam proses perhitungannya hari sabtu dan minggu tidak terhitung sebagai hari kerja. Jadi jumlah hari kerja yang terhitung selama satu minggu adalah 5 (Lima) Hari kerja.

Pada Contoh Dibawah ini sampul ilmu menentukan tanggal akhir suatu pekerjaan dimana tanggal awal dan jumlah hari kerjanya telah ditentukan. Dengan menggunakan Fungsi WORKDAY anda akan dengan mudah menentukan tanggal berakhirnya suatu pekerjaan tanpa harus menghitung kalender. Kali ini sampul ilmu akan menjelaskan tentang Cara Menentukan tanggal akhir Dengan Fungsi WORKDAY di Excel. Berikut adalah langkah-langkahnya.

Bentuk Penulisan Rumus WORKDAY
WORKDAY(Tgl Mulai, Jml Hari Kerja,Tgl Hari Libur)

Keterangan Rumus:

  1. Tgl Mulai, Adalah Tanggal Mulai Pekerjaan.
  2. Jml Hari Kerja adalah hari kerja dimana akhir pecan tidak dihitung seperti sabtu dan minggu
  3. Tgl Hari Libur,  Adalah Tanggal Dimana Dalam Jumlah Hari Kerja Terdapat Libur Nasional Kecuali Di hari sabtu dan minggu.

Contoh

Buatlah Kolom Atau Tabel Seperti Dibawah ini :

Pada Cell C2 Masukkan Rumus =WORKDAY(A2;B2)

Keterangan :

  1. Cell C2 adalah Cell yang berada di Kolom C Baris 2
  2. A2 Adalah Tanggal Mulai Kerja
  3. B2 Adalah Jumlah Hari Kerja
Hasilnya :
Gambar 1
Jika Dalam Proses tersebut Terdapat Hari Libur Anda Dapat Menggunakan Rumus

=WORKDAY(A2;B2;A4)


Keterangan 
A4 adalah Tanggal Hari Libur Selain Hari Sabtu dan Minggu.


Referensi:
http://office.microsoft.com/id-id/excel-help/workday-fungsi-workday-HA102752817.aspx

Post a Comment for "Cara Menentukan Tanggal Akhir Dengan Fungsi WORKDAY di Excel"