Kumpulan Fungsi Tipe Data Di Access

Kumpulan Fungsi Tipe Data Di Access. Dalam Membuat database Ms Acces hal yang perlu diketahui adalah berbagai macam jenis tipe data yang terdapat didalamnya. Apakah Yang dimaksud dengan Tipe Data… ?. Tipe data adalah merupakan jenis data yang mempunyai batasan tempat dan karakteristik sesuai dengan interprestasi data dan dapat diolah oleh komputer untuk memenuhi kebutuhan dalam pemrograman komputer. 

Sebelum membuat sebuah database maka Setiap variabel atau konstanta yang ada dalam kode program, sebaiknya ditentukan terlebih dahulu tipe data dari masing-masing karakter.. Salah satu tugas penting seorang programmer adalah memilih tipe data yang sesuai untuk menghasilkan program yang efisien dan berkinerja tinggi.

Baca Juga



Dalam Ms Access terdapat banyak jenis-jenis tipe data, Dibawah ini adalah Penjelasan dari beberapa tipe data yang terdapat pada Microsoft Access. 

Jenis-Jenis Tipe Data
Kumpulan Fungsi Tipe Data Di Access

  1. Text, Adalah sebuah tipe data untuk menentukan data yang bisa masukkan dengan kombinasi nilai antara text dan number, dan memiliki maximum karakter sebanyak 255 karakter. Tipe data ini biasa juga disebut Teks Pendek.
  2. Memo, Adalah Tipe data ini biasa juga disebut juga dengan Teks Panjang   yang dapat menyimpan hingga sekitar satu gigabyte teks walaupun kontrol pada formulir dan laporan hanya bisa menampilkan 64.000 karakter pertama. 
  3. Number, Adalah data berupa angka dengan pilihan field size yang terdiri dari (Byte, Integer, Long Integer, Single, Double, General Number, Currency, Standard, Percent, Scientific). Atau secara umum diartikan sebagai sebuah data yang memiliki jenis number (angka) yang digunakan untuk kalkulasi matematika dan keperluan lainnya. 
  4. Date and Time, Adalah tipe data berupa jenis tanggal, waktu atau penggabungan dari tanggal dan waktu. Anda dapat mengatur properti Format tanggal dan waktu yang telah ditentukan format atau menggunakan format kustom untuk Date / Time tipe data.
  5. Currency, Adalah sebuah tipe data dengan format mata uang Mata uang Gunakan  pemisah ribuan, yang biasa ditandai dengan awal angka yang disertakan dengan symbol currency default sesuai dengan regional setting yang digunakan, misalnya Rp, $, dll. Currency dapat menggunakan angka dengan 15 digit dibelakang desimal dan 4 digit sesudah desimal.  
  6. AutoNumber, adalah jenis data yang digunakan dalam Microsoft Access tabel untuk menghasilkan counter numerik otomatis bertambah. Ini dapat digunakan untuk membuat kolom identitas yang unik mengidentifikasi setiap record dalam sebuah tabel. Hanya satu bidang AutoNumber diperbolehkan dalam setiap tabel. Tipe data disebut Counter Access. Secara umum dapat digunakan untuk membuat no urut secara otomatis.
  7. Yes/No, Adalah sebuah tipe data dengan jenis hanya 2 pillihan yaitu True (1) atau False (0). Format yang tersedia adalah : Yes/No, True/False, dan On/Off.
  8. OLE Object, Adalah sebuat tipe data yang diambil dari system OLE seperti Microsoft Excel spreadsheet, Microsoft Word document, graphics, sounds, atau data-data biner lainnya baik yang dilink ataupun dimasukkan secara permanen (embedded) kedalam table Microsoft Access. Dalam Microsoft Access, bidang Object OLE dapat menyimpan data seperti Microsoft Word atau Microsoft Excel dokumen, gambar, suara, dan jenis-jenis data biner yang dibuat dalam program lain. Artikel ini menyediakan kode Visual Basic yang menggunakan kontrol OLE dan metode CreateEmbed untuk menyimpan file bitmap dalam bidang Object Access OLE. 
  9. Hyperlink, Adalah sebuah tipe data yang digunakan untuk menyimpan alamat internet atau file yang ditunjukkan melalui alamat URL. Menambahkan hyperlink ke database Access 2007 adalah sederhana sekali Anda telah mengedit tipe data lapangan untuk menerima hyperlink. Ingat bahwa Anda tidak dibatasi untuk hanya hyperlink HTTP. Access 2007 dapat menyimpan file, FTP, HTTP, MailTo, dan Berita hyperlink juga. 
  10. Attachment, Adalah tipe data yang digunakan untuk menyimpan attachment file yang berformat apa saja (bebas, bisa file gambar, file suara, dll). Anda menggunakan fitur Lampiran di Microsoft Office Access 2007 untuk menambah satu atau lebih potongan-potongan data - dokumen Microsoft Office Word 2007, Microsoft Office PowerPoint 2007 presentasi, gambar, dan sebagainya - untuk catatan dalam database Anda. Artikel ini memberikan informasi latar belakang dan langkah-langkah yang diperlukan untuk mengkonfigurasi database untuk menggunakan lampiran, dan untuk melampirkan dan mengelola data.
  11. Calculated adalah Tipe data untuk melakukan perhitungan, dengan menyimpan formula atau ekspresi yang diperbarui secara otomatis ketika komponen perubahan ekspresi. Jadi tidak perlu bagi user untuk memastikan bahwa nilai diperbarui. Masalah ini akan di proses secara otomatis oleh Access. 
  12. Lookup Wizard Adalah Tipe Data Yang Dapat Menggabungkan Beberapa Tabel untuk Menampilkan Data. Atau dengan kata lain  lookup Wizard dapat menampilkan nilai user friendly yang terikat ke nilai lain dalam tabel data sumber atau daftar nilai. Contoh, dalam pencarian dapat menampilkan nama kontak yang terikat ke nomor ID kontak masing-masing di tabel lain. Anda Dapat Membaca Cara Menggunakan Tipe Data Lookup Wizard Pada Microsoft Access. 

1 Response to "Kumpulan Fungsi Tipe Data Di Access"

  1. thx gan, bermanfaat banget




    visit back hariansianang.blogspot.com

    ReplyDelete