Cara Mudah Mengunakan CheckBox Di Visual Basic

Cara Mudah Mengunakan Control CheckBox Di Visual Basic. Kontrol CheckBox adalah merupakanKontrol yang berfungsiuntuk memberikan dua pilihan yaitu true dan False.

Sebuah kotak centang atau biasa di sebut checkbox adalah elemen kontrol grafis yang memungkinkan pengguna untuk membuat pilihan biner, yaitu pilihan antara salah satu dari dua opsi yang memungkinkan saling eksklusif. Misalnya, pengguna mungkin harus menjawab 'ya' (diperiksa) atau 'tidak' (tidak diperiksa) pada sederhana ya / tidak ada pertanyaan. 

Sebagai contoh sampul ilmu membuat sebuah form dimana anda akan memilih beberapa kriteria yang menjadi hobi anda. contoh Pertanyaannya Apakah Hobi Anda.. ? Kemudian Anda Dianjurkan Untuk memilih Salah Satu Kriteria.

Dari Penjelaan Diatas Maka Sampul Ilmu akan Menjelasakan tentang Cara Mudah Mengunakan Control CheckBox Di Visual Basic. Agar lebih Mudah Ikuti Langkah-Langkah Dibawah ini :

Buatlah Project Baru atau Form Baru kemudian Tambahkan Kontrol 1 BUah Textbox, 1 Buah Label dan 2 Buah CheckBox lalu ubah Kontrol tersebut seperti gambar1 dibawah ini :
Cara Mudah Mengunakan CheckBox Di Visual Basic
Gambar1
Langkah Selanjutnya Click Double Pada Checkbox Olahraga Kemudian Masukan Kode Berikut
If Check1.Value = 1 Then
Text1.Text = "olahraga"
Check2.Value = False
End If

Berikutnya Click Double Pada Checkbox Memancing Kemudian Masukan Kode Berikut
If Check2.Value = 1 Then
Text1.Text = "Memancing"
Check1.Value = False
End If

Atau Untuk Lebih Jelasnya Dalam Penempatan Kode lihat Gambar2 Dibawah ini :
Cara Mudah Mengunakan CheckBox Di Visual Basic
Gambar2

Keterangan Rumus Kode Diatas
  1. Check1.Value=1 adalah Apabila CheckBox (kotak Olahraga) tersebut Bernilai Benar atau Di Cheklist Maka Pada Textbox Akan Menampilkan Kata “Olah raga” dan Check2 (kotak Memancing) Akan Bernilai False atau Centang Pada Chek2 (kotak Memancing) akan Hilang.
  2. Check1.Value=2 adalah Apabila CheckBox (kotak Memancing) tersebut Bernilai Benar atau Di Cheklist Maka Pada Textbox Akan Menampilkan Kata “Memancing” dan Check1 (kotak Olah Raga) Akan Bernilai False atau Centang Pada Chek2 (kotak Olah Raga) akan Hilang.

Setelah Selesai Langkah Diatas  Run Program Kemudian Cheklist Salah Satu Chekbox Kemudian Lihat Hasilnya. Untuk Cara Mengunakan If Pada CheckBox Di Visual Basic akan Dibahas Pada Postingan Selanjutnya. Terima Kasih

3 Responses to "Cara Mudah Mengunakan CheckBox Di Visual Basic"