Tutorial Dasar Belajar Microsoft PowerPoint

Tutorial Dasar Belajar Microsoft PowerPoint. Microsoft Office PowerPoint atau PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran mereka, Microsoft Office,  Microsoft Power Point adalah software untuk pembuatan presentasi. Jika Microsoft Word digunakan untuk mengolah kata dan Microsoft Excel untuk mengolah angka maka PowerPoint digunakan untuk mempresentasikan hasil akhirnya. Dikutip dari Wikipedia.org

Kali ini sampul ilmu menjelaskan tentang Tutorial Dasar Belajar Microsoft PowerPoint dimana penjelasan dibawah ini sesuai dengan pengetahuan yang sampul ilmu ketahui. Point-point penting yang perlu diketahui adalah tentang format file, kelebihan serta fitur-fitur yang terdapat pada Microsoft PowerPoint.

Format file Microsoft PowerPoint

  1. *.PPT (PowerPoint Presentation), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi PowerPoint (termasuk PowerPoint 12)
  2. *.PPS (PowerPoint Show), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi PowerPoint (termasuk PowerPoint 12)
  3. *.POT (PowerPoint Template), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi PowerPoint (termasuk PowerPoint 12)
  4. *.PPTX (PowerPoint Presentation), yang yang merupakan data dalam bentuk XML dan hanya tersedia dalam PowerPoint 12.
Kelebihan Microsoft PowerPoint

  1. Menyediakan halam kerja berupa  slide untuk mempermudah presentasi.
  2. Dapat menggunakan gambar , animasi dan file video dan audio dalam membuat slide persentase.
  3. Dapat Menampilkan atau  mengimpor nilai dari Word dan Excel.
  4. Menyediakan Fasilitas agar lebih mudah membuat animasi atau menampilkan efek.
  5. Menyediakan berbagai desain tampilan yang cukup professional untuk bisa diterapkan dengan mudah.
  6. Menyediakan banyak template presentasi yang bisa digunakan, terutama yang bersifat open source yang tersedia luas di internet.
Fitur-Fitur Microsoft PowerPoint
Fitur-Fitur PowerPoint adalah fasilitas yang mendukung dalam pembuatan persentase

Tutorial Dasar Belajar Microsoft PowerPoint
Gambar1. Fitur-Fitur Microsoft PowerPoint
Keterangan Gambar1

  1. Tab Menu adalah Fitur-fitur yang terdiri dari menu File, home, insert, Design, Transitions, Animations, Slide Show, Review, view
  2. Group Menu adalah fitur yang terdiri dari beberapa perintah yang fungsinya saling berkaitan sebagai contoh Group Menu Slides yang terdiri dari New Slide, Layout, Reset, Section. 
  3. Ribbon adalah Kumpulan dari group menu
Untuk Lebih Mengetahui Fungsi Dari Tab menu anda dapat membaca Fungsi Tab Menu Pada Microsoft PowerPoint.

Tutorial Dasar Belajar Microsoft PowerPoint
Gambar2. Fitur-Fitur Microsoft PowerPoint

Keterangan Gambar2

  1. Slide adalah kumpulan lembar kerja atau slide-slide yang digunakan
  2. Outline adalah tampilan detail dari isi Slide yang telah di buat, 
  3. Halaman Kerja Power Point adalah tempat dimana anda akan menulis, atau memasukan gambar, suara, video dll yang dibutuhkan untuk persentase, 
  4. Cutomize Status Bar adalah fasilitas untuk menamipilkan slide show atau hasil dari persentase buatan anda, serta dapat memperbesar dan memperkecil tampilan halaman kerja power point.

Semoga Tutorial Dasar Belajar Microsoft PowerPoint. Dapat memberikan manfaat dan memudahkan anda untuk lebih memahami tentang Microsoft PowerPoint sebagai alat untuk membuat persentase. Terima kasih.

1 comment for "Tutorial Dasar Belajar Microsoft PowerPoint"