Tutorial Pengantar Teknologi Informasi Komputer

Tutorial Pengantar Teknologi Informasi Komputer Sebelum kita menggunakan komputer, sebaiknya kita mengenal terlebih dahulu apa yang disebut dengan komputer. Pengenalan ini penting  agar kita bisa menggunakan komputer tersebut dengan sebaik-baiknya, berdaya guna tinggi dan tepat guna.

Sistem Komputer
Umumnya, apa yang disebut orang sebagai “komputer” adalah seperangkat alat yang terdiri dari CPU, monitor, dan keyboard. Ada juga yang menyatakan bahwa CPU lah yang disebut komputer, sementara alat-alat yang lain adalah pelengkapnya, dengan nama sendiri-sendiri seperti monitor, keyboard, mouse, printer dan lain-lain. Sebenarnya, pengertian komputer lebih tepat jika disebut sebagai sistem komputer. Sistem komputer terdiri dari tiga perangkat (peranti),
yaitu:
  1. Perangkat keras (hardware),
  2. Perangkat lunak (software), dan
  3. Manusia (brainware).
Alat-alat yang disebutkan di atas adalah contoh perangkat keras. Sistem komputer tidak bisa berjalan hanya dengan salah satu  perangkat, tetapi memerlukan ketiga-tiganya.

Perangkat Keras
Perangkat keras komputer yang kita kenal bisa digolongkan dalam tiga kelompok:
  • Peranti / Perangkat masukan (input device);
  • Peranti / Perangkat (processing unit);
  • Peranti / Perangkat (output device).
  1. Peranti masukan adalah peralatan yang kita gunakan untuk memasukkan data ke komputer, seperti keyboard, mouse, dan scanner.
  2. Peranti pengolah adalah peralatan yang melakukan pengolahan data menjadi informasi, atau yang menjadi “otak” mesin komputer dalam melaksanakan perintah yang diberikan. Peranti pengolah ini sering disebut CPU (central processing unit/unit pengolah pusat) atau disebut juga processor.
  3. Peranti keluaran adalah peralatan yang digunakan untuk menampilkan informasi hasil olahan komputer, seperti monitor, printer, dan speaker.
Dari penjelasan di atas dapat diketahui bahwa yang sering disebut-sebut CPU itu sebenarnya adalah bagian komputer yang melakukan pengolahan data (processor), berbentuk chip, dan dikenal dengan nama merk seperti Intel Pentium, Intel Celeron, AMD Athlon, dan sebagainya.

Komponen-Komponen Perangkat Keras
Berikut ini sedikit dijelaskan tentang fungsi beberapa perangkat keras dan komponen-komponen yang umum kita gunakan:
  1. Keyboard : sebagai tempat memasukkan (mengetik) data.
  2. Mouse : sebagai alat penunjuk/menggerakkan penunjuk di layar dan untuk memberikan perintah.
  3. Scanner : sebagai alat untuk memasukkan data berupa gambar/foto.
  4. Monitor : disebut juga layar komputer, berfungsi untuk menampilkan informasi yang dapat dilihat.
  5. Printer : digunakan untuk mencetak data/informasi pada kertas
  6. Speaker : berfungsi mengeluarkan informasi berupa suara.
  7. Processor: sebagai pusat pengolah data dan pengendali kerja perangkat lainnya.
  8. Mainboard: sebagai kerangka mesin komputer tempat processor dan komponen komponen lainnya dipasang.
  9. CD/DVD Drive: tempat memasukkan CD, berfungsi membaca dan/ atau menulis data pada CD/VCD.
  10. Harddisk : adalah tempat penyimpanan data. Harddisk berada di dalam casing
  11. (badan) komputer dan jarang dipindah-pindahkan (disebut juga fixed disk). Umumnya semua program dan data disimpan dalam hard disk.
  12. Memory (RAM):  adalah tempat penyimpanan data sementara. RAM singkatan dari Random Access Memory
  13. VGA Card:  adalah komponen yang berfungsi menampilkan gambar/ tampilan pada monitor. VGA singkatan dari Video Graphics Array.
  14. Sound Card: adalah komponen yang berfungsi mengolah data menjadi suara yang akan ditampilkan pada speaker. 
  15. LAN Card : adalah komponen yang akan menghubungkan komputer dengan komputer lainnya. LAN Card tidak selalu ada pada komputer, dan dipasang jika diperlukan saja. LAN singkatan dari Local Area Network.
  16. Modem :  adalah komponen yang diperlukan jika kita ingin koneksi ke internet, atau untuk mengirim data melalui jaringan telepon. Modem tidak selalu ada pada komputer, dan dipasang jika diperlukan saja.
Media Penyimpanan (Storage)
Komponen perangkat keras berupa disket, harddisk, CD/DVD disebut juga sebagai media penyimpanan (storage). Disebut media karena  berfungsi sebagai wadah atau tempat penampungan. Kita bisa menyimpan data pada media disket, harddisk, dan CD/DVD tanpa takut kehilangan akibat tidak adanya arus listrik. Media penyimpanan bisa berfungsi ganda, yaitu sebagai peranti masukan (menyediakan data untuk diolah oleh processor) dan sekaligus sebagai peranti keluaran (menyimpan data/informasi yang sudah diolah).

Perangkat Lunak
Perangkat lunak (software) adalah program-program yang telah dipasang (install) pada komputer dan berfungsi mengendalikan kerja komputer. Tanpa perangkat lunak, sebenarnya komputer hanyalah sebuah mesin yang tidak bisa apa-apa. Perangkat lunak umumnya digolongkan ke dalam tujuh kategori besar, dan di bawah kategori ini ada juga pengelompokan menurut jenis-jenisnya. Jenis perangkat lunak selalu berkembang sesuai dengan perkembangan kebutuhan manusia dalam menggunakan komputer. Semakin banyak ragam program komputer yang dibuat, semakin banyak pula kemampuan yang bisa dilakukan oleh komputer. Penggolongan perangkat lunak menurut kategorinya adalah:
  1. Sistem Operasi (Operating System)
  2. Bahasa Pemrograman (Programming Language)
  3. Program Aplikasi (Application Program)
  4. Program Paket (Package Program)
  5. Utilitas (Utility)
  6. Permainan (Games)
  7. Multimedia



Post a Comment for "Tutorial Pengantar Teknologi Informasi Komputer"